Tips Berbelanja dan Menyimpan Bahan Makanan agar Teratur, Awet, dan Aman Ala Chef Devina Hermawan

| 26 Jul 2022 20:40
Tips Berbelanja dan Menyimpan Bahan Makanan agar Teratur, Awet, dan Aman Ala Chef Devina Hermawan
Tips berbelanja dan menyimpan bahan makanan (Unsplash.com/Ello)

ERA.id - Tak jarang berbelanja bahan makanan dan menyimpannya merupakan suatu kegiatan yang cukup memusingkan bagi beberapa orang. Mulai dari kesulitan menentukan bahan makanan apa yang akan dibeli, hingga cara menyimpannya agar tahan lama. 

Untuk permasalahan ini, Celebrity Chef, Devina Hermawan memberikan tips berbelanja dan menyimpan bahan makanan yang selalu diterapkannya. Apa saja? Simak langsung ulasannya berikut ini.

1. Buat rencana belanja

(Unsplash.com/Viki Mohamad)

Sebelum berbelanja sangat penting untuk membuat daftar bahan makanan apa saja yang akan dibeli. Ini akan memudahkan berbelanja dan sesuai kebutuhan sehingga tidak berlebihan agar penyimpanan pun lebih mudah diatur.

"Sebelum berbelanja penting untuk membuat list prioritas, ini adalah salah satu tahap pertama yang paling penting untuk kita susun. Itu yang akan menjadi modal untuk kita mengambil step selanjutnya (menyimpan bahan makanan)," ujar Devina Hermawan, saat acara Bincang Shopee, pada Selasa (26/7/2022).

2. Perhatikan tempat berbelanja

Tempat untuk berbelanja bahan makanan juga perlu untuk diperhatikan. Dengan mengetahui tempat berbelanja maka akan mengetahui kualitas bahan makanan yang dibeli, sehingga memudahkan dalam penyimpanannnya.

"Perhatikan sumber untuk mendapatkan bahan makanan tersebut. Biasanya kita belanja di toko baik online ataupun offline itu diperhatikan. Pastikan dapat menyuguhkan bahan makanan yang baik," tuturnya.

3. Simpan bahan makanan terpisah

Menyimpan bahan makanan harus dilakukan secara terpisah setiap kategorinya. Misal daging, ikan, dan ayam jangan dicampur dalam satu wadah yang sama karena bisa merusak bahan tersebut.

"Penyimpanan bahan ini sangat penting untuk mencegah kontaminasi silang dan mempertahankan bahan makanan itu secara optimal. Kalau belanja kan berbagai macam kategori, jadi harus dipisah. Mulai dari ikan, sayur, ayam, daging jangan dicampur penyimpanannya. Boxnya dipisah-pisah semuanya," jelas chef berusia 28 tahun itu.

4. Pilih tempat penyimpanan yang baik

Selain dipisah, tempat penyimpanan bahan makanan juga harus diperhatikan. Seperti kotak menyimpan daging jika diletakkan di freezer kulkas harus yang tahan terhadap suhu freezer dan kedap udara, agar kualitas daging tetap stabil.

"Perhatikan juga tempat penyimpanannya, mulai dari box yang dipakai dan kulkas. Kalau kita nggak masukin kulkas, satu hari layu. Bicara yang di freezer juga, misal untuk daging itu harus dibungkus dengan baik saat disimpan. Daging paling baik disimpang terbungkus pakai box yang food grade dan freezer save, dan paling penting kedap udara," pungkas Devina Hermawan.

Rekomendasi