Pantai Ramah Anak di Gunung Kidul yang Cocok Dijadikan Destinasi Liburan Keluarga

| 13 Jul 2024 06:30
Pantai Ramah Anak di Gunung Kidul yang Cocok Dijadikan Destinasi Liburan Keluarga
Ilustrasi pantai ramah anak di Gunung Kidul. (Foto: Antara/Pantai Gunungkidul Yogyakarta)

ERA.id - Salah satu tempat wisata yang dijadikan tujuan untuk liburan keluarga adalah pantai. Sebab, banyak hal yang dapat dilakukan bagi wisatawan yang memilih pantai untuk melepas penat dan mendapatkan udara segar, seperti halnya di pantai di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta.

Sejumlah kegiatan seru dilakukan di pantai ini seperti berenang, berkemah, memancing, ataupun bermain pasir dengan anak. Namun, agar agenda liburan keluarga lebih terasa menyenangkan dan aman, tak ada salahnya jika kita memilih pantai yang ramah anak.

Pantai ramah anak di Gunung Kidul

Dilansir dari laman resmi Pariwisata Jogja, bagi Anda yang hendak mengetahui referensi pantai yang ramah untuk anak di Gunung Kidul, dapat menjadikan daftar pantai di bawah ini sebagai pilihan.

Salah satu pantai di Gunung Kidul. (Foto: Antara)
  • Pantai Indrayanti

Pantai ini berlokasi di Ngasem, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai yang buka setiap hari selama 24 jam penuh ini dapat Anda sambangi kapan saja. Tidak perlu khawatir jika kehabisan bekal, sebab banyak penjaja makanan yang juga buka sepanjang hari.

Bagi yang mencari keindahan pantai, akan dimanjakan dengan pasir putihnya yang lembut sehingga nyaman bagi Anda dan keluarga untuk berkegiatan dan bermain. Areanya juga cukup landai sehingga dapat memberikan ruang yang aman dan nyaman untuk anak bermain.

Anda cukup membayar tiket masuk yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp10.000 per orang.

  • Pantai Gesing

Selanjutnya adalah Pantai Gesing. Selain menyuguhkan pemandangan indah khas area pantai selatan, lokasi pantai di Gunung Kidul ini juga merupakan spot yang menarik untuk memancing bersama anak Anda. Kegiatan bersama ini dijamin dapat melatih kesabaran si kecil dan memberikan waktu keluarga yang berkualitas.

Pantai ini dapat Anda kunjungi di Bolang, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Buka selama 24 jam penuh dan cukup membayar tiket mulai dari Rp10.000 saja. Anda juga disarankan untuk membawa smartphone dan kamera. Sebab, pemandangan di sini begitu indah dan sayang untuk dilewatkan.

  • Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang menyajikan keindahan pemandangan yang tidak kalah dengan pantai indah di Pulau Jawa. Anda dan keluarga akan dimanjakan dengan deretan pohon-pohon palem dan pandan yang menyejukkan.

Jika lapar, kita dapat menemukan kios penjual makanan dengan mudah yang rasanya juga cukup lumayan. Berlokasi di Jalan Sepanjang, Ngalos, Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, pantai ini buka selama 24 jam penuh, dan tiket masuknya bisa Anda bayar seharga Rp10.000.  

  • Pantai Ngrenehan

Pantai ini berlokasi di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini juga buka selama 24 jam penuh dan menetapkan harga tiket masuk hanya senilai Rp5.000 untuk satu orang pengunjung.

Selain mendapatkan pemandangan indah, Anda juga dapat melihat perbukitan kapur dan pasar ikan segar yang akan membuat Anda berselera menyantap sajian.

  • Pantai Krakal

Jika mencari pantai yang menyajikan keindahan permukaan serta dunia bawah laut yang memukau, Pantai Krakal dapat Anda jadikan referensi.

Di sini, Anda dapat mengajak anak Anda snorkeling sembari menikmati pemandangan matahari terbenam.

Setelah puas bermain air, Anda bisa mencoba mencicipi hidangan laut yang tersedia di sekitar pantai.

Perjalanan menuju  Pantai Krakal ini dapat Anda tempuh dengan waktu sekitar 1 jam 40 menit dari pusat Kota, dengan tiket masuk senilai Rp10.000.

Itulah beberapa referensi pantai ramah anak di Gunung Kidul yang dapat Anda kunjungi. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi