Ciri-Ciri Kulit yang Sehat, Warna Merata hingga Terjaga Kelembapannya

| 13 Jul 2024 15:00
Ciri-Ciri Kulit yang Sehat, Warna Merata hingga Terjaga Kelembapannya
Ciri-ciri kulit sehat (Freepik)

ERA.id - Mengetahui ciri-ciri kulit sehat, ada beberapa tanda yang harus diperhatikan. Hal ini diungkap oleh Medfluencer sekaligus dokter estetika, dr. Yessica Tania.

“Kulit yang sehat itu luas sekali, tetapi saya simpulkan menjadi tiga poin,” kata dr. Yessica Tania saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (12/7/2024).  

Ciri pertama yang menandakan kulit wajah sehat adalah warnanya yang merata. Kulit tidak memiliki kemerahan, flek hitam, dan warna merata sesuai dengan kulit asli setiap orang.

“Pertama, kalau kita lihat warna kulit sehat itu rata. Tidak harus putih, tapi warna asli kulit kita merata,” ungkapnya.

Kemudian kulit memiliki tekstur halus ketika diraba, dengan ukuran pori-pori yang normal. Jika pori-pori besar dengan tekstur yang kasar, berjerawat, hingga komedo, maka kulit wajah perlu perawatan khusus.

“Kalau diraba teksturnya halus, tetapi bukan berarti kulitnya tidak boleh bertekstur sama sekali. Tekstur dari pori-pori kulit adalah normal, selama tidak terlalu besar,” ujarnya.

Selain itu, kulit yang sehat juga bisa dilihat dari kelembapannya. Kulit yang lembap cenderung lebih kenyal saat disentuh karena sudah terhidrasi dengan baik .

Untuk mendapatkan kulit yang lembap, penting menghidrasi tubuh dengan minum air putih yang cukup. Salah satu cara untuk mengetahui kulit lembap dan sehat adalah dengan mencubitnya, kemudian perhatikan prosesnya.

“Ketiga kita bisa coba cubit kulit masing-masing. Kalau masih kenyal dan baliknya (ke bentuk awal) kurang dari dua detik, maka kelembapannya bagus ya,” pungkas Dokter Yessica. 

Rekomendasi