Viral di TikTok Tren Kecantikan Chin Strap, Benarkah Bisa Bikin Pipi Tirus?

| 17 Jul 2024 14:15
Viral di TikTok Tren Kecantikan Chin Strap, Benarkah Bisa Bikin Pipi Tirus?
Viral di TikTok tren kecantikan chin strap (TikTok/@itsnotnellyyyyy)

ERA.id - Media sosial TikTok tengah dihebohkan dengan tren kecantikan chin strap. Tren ini dipercaya bisa membuat jadi tirus sekaligus mengencangkan wajah.

Salah satunya akun TikTok @itsnotnellyyyyy yang mempopulerkan tren tersebut. Selain buat tirus dan mengencangkan wajah, memakai chin strap dapat mengatasi kebiasaan mendengkur, menggemeretakkan gigi hingga menyembuhkan sleep apnea.

Dalam video itu, ia memakai chin strap berbahan fleksibel yang diikatkan dari dagu hingga belakang kepala. Akun tersebut menyebut menggunakan chin strap selama 15 menit setiap harinya dapat membuat wajah tirus dan terlihat awet muda. Ia menyebut menggunakan chin strap hemat biaya, karena tak perlu lagi melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Rupanya, tren ini berhasil mencuri perhatian Dr. Daniel Barrett, seorang ahli bedah plastik di Beverly Hills, AS. Berbeda dengan content creator tersebut, Daniel menyebut tren chin strap untuk membuat wajah tirus itu sebagai hal yang konyol. 

"Saya berpikir memakai alat ini dalam jangka panjang ini sebenarnya tidak akan berdampak apapun pada garis lehermu," ucap Daniel Barrett, seperti dilansir dari laman New York Times. 

"Saya belum pernah melihat penelitian apa pun, tidak ada bukti untuk mendukung hal ini, bahwa memakai ini akan membantu sedikit pun," tambahnya

Daniel Barrett mengatakan operasi plastik dan penurunan berat badan dapat meniruskan pipi, bukan mengikuti tren chin strap. 

Beberapa influencer telah menyarankan bahwa alat tali dagu ini dapat meringankan sleep apnea, gangguan yang berpotensi mengancam jiwa yang mempengaruhi sekitar 39 juta orang Amerika, termasuk Presiden Biden. Sleep apnea dapat mengakibatkan bangun dan/atau mendengkur secara tiba-tiba.

Wendy Troxel, seorang pakar kesehatan tidur di RAND Corporation, mengatakan mengikuti chin strap tidak akan menghentikan gejala-gejala sleep apnea.

"Bukti ilmiah yang tersedia tidak mendukung penggunaan tali dagu ini tak bisa mengatasi berbagai masalah tidur, termasuk sleep apnea," jelas Troxel.

Alat sabuk wajah ini juga tidak akan membantu mendengkur atau menggertakkan gigi. Wendy Troxel menekankan bahwa yang terbaik adalah tetap berpegang pada perawatan di dokter kecantikan yang telah terbukti dan mengetahui kondisi kesehatan. 

"Individu yang memiliki apnea tidur atau yang mendengkur secara teratur harus mencari perawatan medis dari seorang profesional," ujarnya. 

Dia memperingatkan bahwa mengambil saran medis dari internet paling berisiko dan berdampak buruk bagi kesehatan. 

"Tren TikTok yang tidak didukung oleh data ilmiah atau direkomendasikan oleh profesional medis dapat menyebabkan kerusakan nyata." katanya.

Rekomendasi