Mengenal Shea Butter, Bahan Alami yang Sering Ditemukan di Skincare dan Kosmetik

| 28 Jul 2024 08:30
Mengenal Shea Butter, Bahan Alami yang Sering Ditemukan di Skincare dan Kosmetik
Apa itu Shea Butter? (iStockphoto)

ERA.id - Shea Butter banyak digunakan sebagai bahan dari produk perawatan kesehatan dan kecantikan tubuh. Apa itu Shea Butter? Shea butter adalah lemak alami yang diekstrak dari kacang pohon Shea yang tumbuh luas di sabana Afrika.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan dan kecantikan kulit dan rambut.

Shea Butter dihasilkan dari proses biji dari kacang pohon Shea yang diolah menjadi bubuk dengan cara dikeringkan, dipanggang, dan digiling. Lalu bubuk direbus hingga menghasilkan minyak. Minyak yang muncul di permukaan air lalu dipisahkan dan didinginkan hingga menjadi padat seperti krim atau mentega. Mentega ini bisa digunakan untuk memasak atau diolah menjadi produk perawatan kesehatan dan kecantikan tubuh.

Nutrisi dalam Shea butter membuat Shea Butter menjadi salah satu bahan yang hits dalam produk perawatan kulit dan rambut. Shea butter mengandung zat antiradang, antijamur, dan antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas, serta dipercaya dapat mengatasi sejumlah gangguan pada kulit.

Ilustrasi. (Freepik)

Nutrisi Shea Butter

Mengutip laman resmi Beauty, kandungan nutrisi dalam Shea Butter, antara lain:

  • Vitamin A dan E. Vitamin ini dapat meningkatkan sirkulasi dan pertumbuhan sel kulit serta menjadikan kulit lebih sehat.
  • Asam lemak esensial yang terdiri dari Asam Linoleat, Palmitat, Stearat dan Oleat. Asam lemak esensial ini berguna untuk menyeimbangkan kadar minyak pada kulit.
  • Zat Triterpen, Tokoferol, Fenol, dan Sterol, yang memiliki sifat antiradang dan antioksidan.
  • Lemak Trigliserida yang berguna untuk memelihara kesehatan kulit.
  • Cetyl Ester yang membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Salah satu kelebihan yang istimewa dari Shea Butter adalah Shea Butter tidak mengandung zat yang berpotensi membuat kulit kering dan iritasi sekaligus juga tidak membuat kulit jadi berminyak sehingga aman untuk digunakan pada semua jenis kulit.

Terdapat 2 jenis Shea Butter, yaitu refined dan unrefined Shea Butter. Refined Shea Butter adalah Shea Butter yang mengalami banyak proses penyaringan, sedangkan unrefined Shea Butter adalah Shea Butter murni yang tidak banyak mengalami penyaringan.

Proses penyaringan tersebut dapat membuat Shea Butter kehilangan beberapa nutrisi sehingga untuk manfaat yang maksimal, maka sebaiknya gunakan produk dengan kandungan unrefined Shea Butter karena nutrisinya masih terjaga.

Manfaat Shea Butter

Berbagai manfaat dari Shea Butter pada perawatan kesehatan dan kecantikan tubuh adalah sebagai berikut:

Sebagai pelembap

Shea butter dapat bekerja sebagai emolien yang melembutkan dan melembapkan kulit kering.

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Shea Butter mengandung SPF sehingga bisa digunakan sebagai tabir surya tambahan untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Untuk perlindungan maksimal tetap gunakan sunlock.

Mencegah jerawat

Shea Butter kaya akan berbagai jenis asam lemak esensial yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih serta mengembalikan dan mempertahankan kelembapan kulit, sehingga kulit tidak kering dan tidak berminyak. Keseimbangan kadar minyak pada kulit ini dapat mencegah timbulnya jerawat.

Mengatasi luka bakar ringan

Nutrisi yang berguna sebagai antiradang pada Shea Butter dapat bekerja untuk mengurangi kemerahan dan pembengkakan. Komponen asam lemak dalam Shea Butter dapat menenangkan luka bakar ringan, seperti sunburn, dengan cara mepertahankan kelembapan kulit selama proses penyembuhan.

Mengatasi peradangan kulit

Nutrisi yang berguna sebagai antiradang pada Shea Butter juga dapat menenangkan kulit dan meredakan rasa gatal yang disebabkan oleh eksim, dermatitis atopik, dan psoriasis, bahkan pada kulit bayi.

Mencegah dan mengurangi stretchmarks

Kandungan Vitamin A dan E pada Shea Butter juga dapat melembapkan dan mengembalikan elastisitas kulit sehingga dapat membantu mencegah dan mengurangi stretchmarks.

Mengobati infeksi kulit

Kandungan nutrisi pada Shea Butter juga dipercaya mampu melawan infeksi kulit akibat jamur dan tungau, seperti kurap dan kutu air.

Menunda penuaan dini

Shea Butter mampu mencegah penuaan dini berupa garis halus dan kerutan pada kulit karena kandungan triterpen di dalamnya yang bisa mempertahankan dan meningkatkan produksi kolagen. Sementara itu, vitamin A dan E dalam Shea Butter dapat membantu proses regenerasi kulit dengan merangsang pembentukan sel kulit baru. Perpaduan nutrisi tersebut mampu mencegah penuaan dini serta mengurangi garis halus dan kerutan pada kulit sehingga kulit tampak awet muda.

Mengobati ketombe

Salah satu cara untuk mengobati ketombe adalah dengan mengembalikan kelembapan kulit kepala yang kering dan teriritasi. Kombinasi Shea Butter dengan pelembap lainnya dapat membantu mengurangi ketombe dan risiko kulit bersisik.

Banyaknya manfaat dari Shea Butter menjadikan Shea Butter menjadi salah satu pilihan favorit untuk perawatan kesehatan dan kecantikan tubuh. Shea Butter juga banyak digunakan oleh produk-produk perawatan yang mengusung konsep alami. Peminat Shea Butter juga selalu ada karena banyaknya manfaat dan kegunaan dari Shea Butter. Silakan mencoba khasiatnya.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi