Cara Kerja Sedot Lemak dan Jenis-Jenis Prosedurnya, Sudah Tahu?

| 01 Aug 2024 20:35
Cara Kerja Sedot Lemak dan Jenis-Jenis Prosedurnya, Sudah Tahu?
Cara kerja sedot lemak. (Pixabay)

ERA.idSedot lemak adalah prosedur bedah estetika (kosmetik) dengan tujuan melenyapkan lemak tubuh yang mengganggu dan tidak diinginkan.

Adapun dari prinsip dasarnya, prosedur ini mengisap sebagian kecil lemak yang sulit hilang meski sudah melakukan olahraga dan diet. Prosedur ini umumnya menargetkan area tubuh yang rentan menjadi tempat menumpuknya lemak, misalnya pinggul, bokong, paha, dan perut.

Prosedur medis ini membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan, dan hasilnya bisa bertahan lama asalkan Anda dapat mempertahankan berat badan yang sehat. Pada umumnya, prosedur akan berjalan lancar pada orang dengan berat badan normal di area tubuh yang memiliki kulit kencang.

Cara Kerja Sedot Lemak

Tindakan medis ini tentunya membutuhkan anestesi umum. Dengan demikian, anestesi epidural juga bisa digunakan dokter untuk sedot lemak pada bagian bawah tubuh. Sebelum menjalani tindakan, dokter bedah akan memberikan tanda pada tubuh pada area di mana lemak akan dioperasi.

Selanjutnya, dokter akan menerapkan beberapa teknis, antara lain:

  • Menyuntikkan area yang bermasalah dengan larutan yang mengandung anestesi dan obat-obatan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pendarahan, memar, dan bengkak.
  • Memecah sel-sel lemak dengan memanfaatkan getaran frekuensi tinggi, pulsa laser yang lemah, atau jet air dengan tekanan tinggi.
  • Membuat sayatan kecil dan memasukkan tabung hisap yang terpasang ke mesin vakum. Namun, jika area tubuh cukup besar, mungkin dibutuhkan beberapa sayatan.
  • Menggerakkan tabung hisap secara bolak-balik untuk mengendurkan lemak dan menyedotnya
  • Menguras kelebihan cairan dan darah.
  • Menjahit dan membalut area yang diberikan penanganan.

Prosedur ini umumnya memerlukan waktu 1-3 jam. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk rawat inap di rumah sakit selama satu malam penuh.

Ilustrasi (Antara)

Prosedur Sedot Lemak yang Perlu Diketahui

Ada beberapa jenis prosedur sedot lemak yang tersedia, sesuai dengan tujuan perawatan. Beberapa jenis sedot lemak tersebut meliputi:

Sedot lemak tumescent

Jenis prosedur ini termasuk prosedur yang paling umum. Dokter spesialis bedah akan melakukan penyuntikan larutan garam ke area lemak. Campuran tersebut memiliki kandungan obat-obatan seperti epinefrin,  yang mampu mengecilkan pembuluh darah.

Cara ini bisa membantu dokter bedah dalam menghilangkan lemak dengan mudah dan mengurangi pendarahan yang berlebihan. Untuk menghilangkan rasa sakit, terkadang digunakan juga jenis obat yang lain.

Vibration amplification of sound energy at resonance (VASER)

Sedot lemak jenis VASER dilakukan dengan menggunakan alat stainless steel (kanula) dengan memiliki lekukan dan gelombang ultrasound. Alat tersebut berfungsi untuk memecah dan menghilangkan sel-sel lemak dan lemak dari tubuh.

Ultrasound-assisted liposuction (UAL)

Prosedur ini memanfaatkan energi ultrasonik dengan alat berbahan logam yang ditempatkan di bawah kulit, tujuannya untuk mencairkan lemak sebelum dikeluarkan dari tubuh. Tindakan medis ini tentu saja harus dilakukan oleh dokter yang berkualifikasi.

Power-assisted liposuction (PAL)

Prosedur PAL memanfaatkan alat kecil berbahan baja yang tahan karat (kanula). Alat tersebut bergerak secara bolak-balik di atas lemak untuk memecahnya. Kanula menjadikan pembuangan lemak lebih mudah dilakukan oleh dokter bedah dan prosedurnya pun lebih tepat sasaran.

Laser-assisted liposuction

Dokter memanfaatkan sinar laser bertenaga kuat yang ada pada selang khusus. Alat tersebut berfungsi untuk memecah dan mencairkan lemak agar pembuangan menjadi lebih sederhana. Prosedur dengan bantuan laser ini hanya memerlukan sayatan kecil di kulit.

Suction-assisted liposuction

Prosedur lainnya adalah suction-assisted liposuction. Cara kerja prosedur ini dilakukan dengan bantuan hisap. Cara kerja yang dapat dikatakan masih berupa cara tradisional sedot lemak, sebab memanfaatkan ruang hampa untuk menghilangkan lemak dari tubuh.

Demikianlah ulasan tentang cara kerja sedot lemak yang dapat kita ketahui. Sebelum memilih prosedur, tentunya dokter akan mendiskusikan hal tersebut terlebih dulu dan memberikan rekomendasi berdasarkan tujuan yang Anda inginkan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi