Menghitung Berapa Lama Recovery Setelah Sedot Lemak

| 31 Jul 2024 09:06
Menghitung Berapa Lama Recovery Setelah Sedot Lemak
Berapa lama recovery setelah sedot lemak (freepik)

ERA.idSedot lemak menjadi prosedur kecantikan yang semakin populer untuk merampingkan tubuh. Namun berapa lama recovery setelah sedot lemak?

Waktu pemulihan setelah sedot lemak dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti jumlah lemak yang diangkat, area yang ditangani, dan kondisi kesehatan individu.

Berapa Lama Recovery Setelah Sedot Lemak?

Dilansir dari Plastic Surgery, sedot lemak merupakan prosedur rawat jalan, yang berarti Anda dapat pulang pada hari yang sama. Namun, jika Anda mengeluarkan sejumlah besar lemak dari tubuh, Anda mungkin perlu tinggal di rumah sakit semalam untuk observasi.

Terlepas dari apakah Anda harus menginap atau tidak, Anda akan memerlukan seseorang untuk mengantar Anda pulang setelah diizinkan meninggalkan rumah sakit.

Namun Anda akan merasa nyeri dan mungkin masih merasakan efek anestesi atau obat penghilang rasa sakit. Maka dari itu, Anda tidak aman untuk mengoperasikan kendaraan.

  • Tiga hari pertama

Dokter bedah biasanya akan memberikan pakaian kompresi atau perban elastis untuk membungkus area perawatan. Penting untuk memakai kompresi dengan rajin, karena membantu mengurangi pembengkakan dan membentuk tubuh Anda ke bentuk barunya.

Selain itu, Anda mungkin akan diberikan drainase kecil yang ditempatkan di lokasi bedah. Alat ini mencegah penumpukan cairan di sekitar sayatan, yang dapat memperlambat penyembuhan. Biasanya, dokter bedah Anda memberitahu cara merawatnya.

Baca juga artikel yang membahas Meredakan Nyeri Mentruasi Tanpa Obat

Selama beberapa hari pertama pemulihan, Anda akan merasakan sakit dan nyeri sedang. Dokter bedah juga akan memberikan obat penghilang rasa sakit, jadi Anda tinggal mengikuti jadwal obat Anda dengan cermat.

Selain itu, Anda juga harus membatasi aktivitas selama waktu ini lantaran pakaian kompresi akan membatasi semua gerakan. Penting juga untuk membatasi aktivitas yang tidak perlu jika memungkinkan. Anda juga disarankan agar meminta bantuan di rumah selama beberapa hari ini.

  • Minggu 1-2

Setelah beberapa hari pertama istirahat total dan merasakan nyeri sedang, Anda kemungkinan akan merasakan penurunan nyeri dan nyeri yang signifikan dalam minggu atau dua minggu setelah prosedur.

Namun banyak orang dapat kembali bekerja setelah dua minggu, tetapi jika Anda memiliki pekerjaan fisik yang berat, sebaiknya jadwalkan tambahan waktu istirahat untuk pemulihan. Perlu diketahui, Anda masih diharuskan memakai pakaian kompresi selama waktu ini.

penurunan nyeri sekitar 1-2 minggu (freepik)
  • Minggu 3-5

Sekitar satu bulan setelah prosedur, pasien biasanya tidak lagi merasakan sakit atau nyeri. Anda mungkin masih melihat pembengkakan, tetapi ini adalah hal normal, namun pembengkakan bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Pada titik ini, Anda kemungkinan mulai melihat hasil yang terlihat. Perlu diingat bahwa tubuh Anda akan membaik seiring dengan penyembuhan pembengkakan dan memar.

Setelah sekitar empat minggu, kebanyakan orang dapat melanjutkan olahraga ringan, tetapi aktivitas berat atau berat masih harus dihindari.

  • Minggu 6 dan seterusnya

Pada titik enam minggu, sebagian besar memar dan pembengkakan seharusnya telah mereda, tetapi pembengkakan yang tersisa dapat berlangsung sedikit lebih lama bagi sebagian orang.

Anda kemungkinan tidak lagi memerlukan pakaian kompresi pada waktu ini, dan tingkat aktivitas Anda tidak lagi dibatasi kecuali diperintahkan oleh dokter. Pada titik ini, Anda kemungkinan akan dapat melihat hasil penuh dari liposuction.

Selain berapa lama recovery setelah sedot lemak, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi