8 Alasan Tubuh Merasa Lelah Setelah Bangun Tidur

| 30 Jul 2024 09:45
8 Alasan Tubuh Merasa Lelah Setelah Bangun Tidur
Ilustrasi tubuh merasa lelah setelah bangun tidur (Unsplash)

ERA.id - Sebagian orang merasa lelah dan tidak segar ketika bangun tidur. Padahal, mereka mendapatkan tidur yang cukup, sekitar 7-8 jam sehari. Tetapi, mereka justu akan merasa kelelahan saat bangun tidur karena mengalami beberapa faktor.

Dilansir dari laman CNN, menurut studi tahun 2015 Seseorang yang merasa lelah saat bangun tidur sering kali disebabkan oleh meningkatnya kondisi inersia tidur, suatu proses sirkadian yang mengatur memori, suasana hati, waktu reaksi, dan kewaspadaan.

Beberapa orang mengalami gangguan kinerja dan rasa grogi, yang mana hal ini bisa membuat seseorang kelelahan saat bangun tidur. Efek inersia tidur biasanya hilang setelah 15 hingga 60 menit, tetapi dapat bertahan hingga beberapa jam.

Inersia tidur mengganggu keterampilan kognitif seperti pemikiran evaluatif, pengambilan keputusan, kreativitas, penggunaan aturan, dan semakin parah jika seseorang kurang tidur.

"Cara mengatasinya dimulai dengan mengevaluasi tidur menggunakan dua pertanyaan," kata spesialis paru dan tidur Dr. Raj Dasgupta, seorang profesor klinis kedokteran di Keck School of Medicine, University of Southern California. 

"Jika kamu mendapatkan jumlah tidur yang cukup, pertanyaan berikutnya adalah, 'Apakah saya mendapatkan kualitas tidur yang baik?'"

Dr. Raj Dasgupta menyarankan untuk menemui spesialis tidur, yang dapat memeriksa gangguan tidur yang mendasari.  Namun, ada faktor lain yang lebih mudah dimodifikasi yang dapat mengganggu proses pemulihan dan pemulihan, seperti konsolidasi memori, regulasi hormon, dan regulasi atau pemrosesan emosi yang perlu terjadi selama tidur.

Berikut 8 alasan mengapa kamu merasa kelelahan saat bangun tidur.

1. Kelelahan

"Ada banyak kondisi yang menyebabkan kelelahan, tetapi kondisi tersebut tidak selalu membuat orang merasa siap untuk tertidur," kata Jennifer Martin, seorang profesor kedokteran di David Geffen School of Medicine di UCLA dan mantan presiden American Academy of Sleep Medicine.

Kondisi tersebut dapat mencakup kondisi nyeri kronis, kondisi metabolik atau tiroid, anemia, dan penyakit paru obstruktif kronis. Jika Anda merasa lelah tanpa sebab, 

"Langkah awal yang penting mungkin adalah pemeriksaan fisik rutin dengan dokter keluargamu," kata Jennifer Martin.

Selain itu, National Sleep Foundation mengatakan orang dewasa yang sehat membutuhkan 7-9 jam tidur setiap malam, jadi kamu mungkin membutuhkan lebih dari delapan jam tidur untuk merasa berenergi. 

"Kamu dapat mencoba tidur 1 jam lebih awal atau bangun 1 jam lebih lambat dari biasanya. Kamu lihat apakah itu membuat perbedaan dari dirimu," kata Christopher Barnes, seorang profesor manajemen di University of Washington yang mempelajari hubungan antara tidur dan pekerjaan.

2. Gaya hidup kurang gerak

Jika tidak banyak bergerak, tubuh terbiasa mengeluarkan energi dalam jumlah rendah. Jadi kamu mungkin merasa lebih lelah daripada yang seharusnya saat mencoba melakukan aktivitas harian dasar.

Organisasi Kesehatan Dunia telah merekomendasikan agar orang dewasa melakukan setidaknya 150 menit (2,5 jam) aktivitas fisik sedang hingga berat setiap minggu. Sementara ibu hamil harus melakukan setidaknya 150 menit latihan aerobik dan penguatan sedang per minggu. 

3. Kecemasan atau depresi

Dr. Raj Dasgupta mengatakan rasa kecemasan atau depresi dapat menguras energi. Kondisi ini juga dapat memengaruhi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur serta ketahui seberapa sering terbangun sepanjang malam.

Terkadang obat yang digunakan untuk mengobati depresi atau kecemasan dapat memiliki efek samping seperti insomnia atau gangguan pada tidur.

4. Tidur yang tidak konsisten

Terkadang jadwal kita berbeda pada hari kerja dibandingkan akhir pekan. Jadwal juga dapat berfluktuasi bagi orang-orang dengan pekerjaan berbasis shift.

"Praktik yang sangat umum adalah mengatakan, 'Oke, baiklah, ini Jumat malam. Saya tidak harus bekerja besok pagi, jadi saya bisa begadang sedikit lebih lama'," kata Christopher Barnes. 

Mungkin kamu begadang lebih lama pada hari sabtu malam. Sebab, kamu juga tidak bekerja pada hari minggu. Maka dari itu tidur lebih awal pada hari minggu. Sebab, keesokan harinya kamu akan bekerja. Namun pada titik ini, kamu telah menyesuaikan jadwal tidur  kembali beberapa jam dalam waktu yang singkat. 

5. Dehidrasi

Menurut Cleveland Clinic, lebih dari 50% Tubuh manusia terdiri dari air yang dibutuhkan untuk berbagai fungsi termasuk mencerna makanan, menciptakan hormon dan neurotransmitter, dan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Dehidrasi telah dikaitkan dengan penurunan kewaspadaan, peningkatan rasa kantuk dan kelelahan.

Institut Kedokteran merekomendasikan agar wanita mengonsumsi 2,7 liter (91 ons) cairan setiap hari dan pria mengonsumsi 3,7 liter (125 ons) setiap hari. Rekomendasi ini mencakup semua cairan dan makanan kaya air seperti buah-buahan, sayuran, dan sup. 

Sebab, rasio asupan air rata-rata perbandingan cairan dan makanan sekitar 80:20, yang berarti jumlah harian 9 gelas untuk wanita dan 12½ gelas untuk pria.

6. Lingkungan atau rutinitas tidur yang buruk

Menjaga kebersihan tidur yang baik termasuk menjaga kamar tidur  tetap gelap, tenang, dan dingin di malam hari. Mereka menggunakan waktu malam hari untuk tidur dan berhubungan intim.

Hindari mengonsumsi minuman berkafein kurang dari enam jam sebelum tidur, batasi konsumsi alkohol dan makanan berat atau pedas setidaknya dua jam sebelum tidur. Alkohol dapat mencegah tahap tidur yang lebih dalam, dan makanan tersebut dapat menyebabkan masalah pencernaan yang mengganggu tidur restoratif.

7. Masalah pasangan

Mungkin pasangan memiliki gangguan tidur dan mendengkur atau berguling-guling. Atau mungkin orang tersebut memiliki jadwal berbeda yang mengganggu tidur. Hewan peliharaan juga dapat mengganggu jadwal tidur, karena mereka tidak memiliki pola tidur yang sama dengan manusia.

"Hal terpenting, jika pasangan tidur mendengkur, sebaiknya bawa untuk menemui dokter spesialis tidur dan memeriksakan untuk mengetahui apakah mereka mengalami sleep apnea," kata Jennifer Martin. 

8. Gangguan tidur

Berkaitan dengan hal itu, gangguan tidur merupakan faktor lain yang dapat menurunkan kualitas tidur secara drastis. Seseorang dengan sleep apnea mungkin terbangun 50 kali, 100 kali atau bahkan lebih sepanjang malam.

"Begitu terbangun, kamu tidak lagi berada dalam tidur lelap, dan biasanya tidak bisa langsung masuk ke tidur terlelap," kata Barnes. 

"Membangunkan orang dari tidur lelap tersebut umumnya akan mengurangi waktu yang dihabiskan dalam tahap tidur terlelap."

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, gangguan tidur lain yang dapat memengaruhi tingkat energi harian termasuk narkolepsi dan sindrom kaki gelisah.

Cara ideal untuk melacak kualitas dan kuantitas tidur, terutama jika merasa didiagnosis dengan gangguan tidur, sebaiknya menjalani polisomnografi di klinik tidur.

Aplikasi dan perangkat elektronik yang dapat dikenakan seperti jam tangan pintar untuk mengukur waktu tidur memang tidak seakurat tes klinik, tetapi tetap memberikan informasi yang cukup untuk orang dewasa yang sehat.

"Saya ingin tahu itu dikembangkan dan kemudian divalidasi terhadap perangkat lain yang lebih akurat." kata Barnes.

Rekomendasi