3 Kunci Hidup Sehat dan Panjang Umur

| 31 Jul 2024 13:00
3 Kunci Hidup Sehat dan Panjang Umur
Ilustrasi hidup sehat dan panjang umur (Freepik)

ERA.id - Banyak orang yang ingin agar hidup selalu sehat dan panjang umur. Namun, tak banyak orang tahu kunci agar hidup panjang, ternyata tak sesulit apa yang dibayangkan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi meminta masyarakat menerapkan sejumlah tips darinya yang mudah ditiru. Ia pun membeberkan tiga kebiasaan yang bisa dilakukan masyarakat Indonesia agar selalu sehat dan panjang umur.

Hal ini disampaikan Budi Gunadi dalam acara 'Penandatangan Mou Merry Riana x Kemenkes Sebagai Duta Kesehatan RI' di Kemenkes, Rasuna Said, Jakarta Selatan pada Selasa (30/7/2024).

1. Jangan sering konsumsi gorengan dan gula

Budi Gunadi menyarankan agar masyarakat Indonesia terbiasa mengonsumsi makanan sehat. Ia meminta agar tidak mengonsumsi makanan atau minuman manis maupun gorengan yang berdampak kurang baik bagi tubuh.

"Makan yang baik dan terukur. Jadi makannya jangan gorengan, manis-manisan melulu. Karena manis bisa gula, diabetes ya dan jangan kebanyakan," ucap Budi Gunadi.

"Sekarang Indonesia negara maju, dulu banyak yang kekurangan. Sekarang lebih banyak (variasi makanan)," lanjutnya.

Terlalu banyak mengonsumsi gorengan dan makanan serta minuman manis bisa terjadi obesitas. Obesitas berisiko mengundang datangnya berbagai penyakit berbahaya.

"Nggak boleh obesitas. Ukurannya gimana? Lingkar perut laki-laki di bawah 90, jeansnya (ukuran) 33, 34. Begitu sudah ditas 34 sudah pasti lewat. Wanita harus di bawah 80 (lingkar perutnya). Ini kan belum fisik, tapi kesehatan," jelas Budi Gunadi.

2. Olahraga

Olahraga merupakan salah satu yang dapat ditempuh untuk hidup sehat. Budi Gunadi mengatakan seseorang perlu memperhatikan kesehatan tubuh dengan berolahraga minimal selama 30 menit setiap harinya.

"Selain makannya baik dan santun, harus olahraga. Olahraga minimal 30 menit sehari, 5 hari seminggu nggak boleh absen sampai wafat ingat tuh olahraganya, asal olahraganya jangan catur," beber Budi Gunadi.

"Jadi ini mesti supaya gerak badannya, gerak harus, nggak boleh berhenti," lanjutnya.

3. Tidur yang Cukup

Budi Gunadi meminta masyarakat Indonesia menerapkan pola hidup sehat dengan istirahat yang cukup. Lama tidur setiap hari bervariasi pada setiap orang. Rata-rata 6-8 jam setiap hari.

"Yang penting juga tidurnya cukup idealnya 6-8 jam, ide bagus untuk metabolisme." katanya.

Rekomendasi