Benarkah Mengunyah Permen Karet Bisa Bikin Rahang Lebih Tegas?

| 07 Aug 2024 07:30
Benarkah Mengunyah Permen Karet Bisa Bikin Rahang Lebih Tegas?
Mengunyah permen karet (Pexels)

ERA.id - Anggapan mengunyah permen karet dapat memengaruhi bentuk rahang dan membuatnya lebih masih beredar luas hingga saat ini.

Namun, pakar kesehatan mengatakan hanya ada sedikit bukti yang menunjukkan, permen karet benar-benar ampuh.

Dilansir dari Healthline, dokter kosmetik dan pendiri Essence Medical Cosmetic Clinic, Dr. Kieren Bong mengatakan, mengunyah permen karet tak dapat begitu saja dijadikan cara mempertegas rahang.

Mengunyah permen karet memang melatih otot rahang, namun hasilnya tergantung masing-masing individu. 

“Sebagai seorang dokter, saya menganggap klaim bahwa mengunyah permen karet membentuk garis rahang terlalu disederhanakan. Meskipun mengunyah permen karet dapat melatih otot rahang, definisi yang dihasilkan kemungkinan besar minimal dan bervariasi antar individu,” ungkap Dr. Kieren Bong.

“Mengandalkan permen karet saja tidak didukung oleh bukti ilmiah yang kuat dan dapat menimbulkan ekspektasi yang tidak realistis,” tambahnya.

Selain itu, bentuk rahang tidak hanya dipengaruhi oleh otot, tetapi juga struktur tulang hingga kualitas kulit. Meskipun mengunyah permen karet dapat melatih otot rahang, tetapi itu tidak bisa mengubah struktur tulangnya untuk menciptakan rahang yang tegas.

Mengunyah secara berlebihan juga dapat menyebabkan pertumbuhan otot maseter yang berlebihan. Ini akan semakin mengganggu estetika dan terkadang dapat menyebabkan rahang menjadi lebih persegi atau besar dibandingkan rahang yang tegas.

Untuk mendapatkan rahang yang tegas, lebih disarankan dengan berolahraga dan konsumsi makanan sehat. Pola makan yang sehat dan rutinitas olahraga yang teratur dapat mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan, termasuk lemak wajah, sehingga berkontribusi pada garis rahang yang lebih tegas. 

Rekomendasi