6 Makanan Lazim yang Ilegal di Beberapa Negara, Ada Durian hingga Permen Karet..

Tim Editor

Ilustrasi mengunyah permen karet (Foto: Pexels/ Oleg Magni)

ERA.id - Masing-masing negara memiliki peraturan sendiri soal benda-benda ilegal, termasuk makanan ilegal. Misalnya, di Singapura, ada banyak makanan yang dikategorikan ilegal, seperti buah durian, permen karet, hingga kebab.

Sejumlah negara ini diketahui memiliki kebijakan melarang warganya untuk menyantap makanan tertentu. Hal ini tentunya dilandasi karena berbagai faktor.

Berikut 6 makanan lazim yang ilegal dibeberapa negara, seperti dilansir dari Newsweek:

1. Durian

Durian (Foto: Pexels/Tom Fisk)
Durian (Foto: Pexels/Tom Fisk)

Terlepas dari popularitasnya di Asia, durian dibatasi peredaran atau pengonsumsiannya. Di Singapura ada pelarangan mengonsumsi atau membawa durian di tempat umum, seperri transportasi umum. Masyarakat Singapura merasa durian adalah buah paling berbau busuk di dunia, dilarang makan di tempat umum dan transportasi umum di Singapura.

2. Permen karet

Singapura melarang masyarakatnya untuk mengunyah permen karet sejak tahun 1992. Hal ini sebagai bentuk upaya otoritas negara Asia Tenggara agar pulau tetap bersih dan terjaga sehubungan dengan undang-undang yang melarang membuang sampah sembarangan.

Ketika ditanya oleh seorang reporter tentang penerapan larangan mengunyah permen karet, Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew mengatakan "Jika kamu tidak bisa berpikir karena kamu tidak bisa mengunyah, cobalah pisang,"

3. Kebab

Kebab (Foto: Pexels/Nishant Aneja)
Kebab (Foto: Pexels/Nishant Aneja)

Venesia, Italia telah melarang kebab untuk diperjualkan karena dipercaya menyaingi aroma makanan tradisional. Makanan yang tak seirama dengan makanan asli di Vensia, mendapatkan izin peredaran sangat terbatas. Paola Mar, kepala pariwisata kota, mengatakan: "Kami ingin mengerem jenis kegiatan yang tidak sesuai dengan pelestarian dan pengembangan warisan budaya Venesia,"

4. Susu mentah

Sementara beberapa orang memuji manfaat nutrisi dari susu mentah, produk tersebut dilarang di Kanada dan beberapa negara bagian di Amerika Serikat. Hal ini karena kekhawatiran susu mentah menjadi produk yang tidak dipasteurisasi dan bisa mengalami keracunan E coli, listeria, dan salmonella.

5. M&M's

M&M's (Foto: Shopee)
M&M's (Foto: Shopee)

Camilan cokelat berbentuk kancing yang sangat populer dilarang di Swedia karena kesamaan logo. pemasaran dan bentuk M&M's menyamai produk permen cokelat lainnya yaitu M by Mondelez. Perusahaan lokal ini sudah beroperasi sejak tahun 1957, dengan logo berupa huruf M yang dinilai hampir sama dengan milik M&M's.

6. Coffe Mate

Coffe Mate sangat populer ini dilarang di Denmark dan Norwegia, Islandia, dan Hongaria. Sebab, negara-negara ini mengandung minyak kedelai dan biji kapas yang terhidrogenasi, dan lemak trans terkait dengan penyakit jantung.

Tag: manfaat makanan makanan Makanan Ilegal

Bagikan: