Permen Karet Tertelan, Apa Benar Tetap Berada di Dalam Perut Selama 7 Tahun?

| 03 Nov 2022 07:35
Permen Karet Tertelan, Apa Benar Tetap Berada di Dalam Perut Selama 7 Tahun?
Ilustrasi mengunyah permen karet (Freepik)

ERA.id - Hampir setiap orang pernah menelan permen karet, tetapi hanya sedikit anak yang membutuhkan bantuan dokter karenanya. Lantas ketika permen karet tertelan apakah itu aman? Yuk cari tahu lebih lengkap.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa permen karet yang tertelan tetap berada di perut Anda selama 7 tahun. Tapi faktanya itu tidak benar.

Meskipun perut Anda tidak dapat memecah sepotong permen karet dengan cara yang sama seperti memecah makanan, sistem pencernaan Anda dapat memindahkannya melalui aktivitas usus yang normal.

Permen Karet Tertelan, Sehat Tidak?

Menelan permen karet dalam jumlah besar, atau banyak permen karet kecil dalam waktu singkat, dapat menyumbat saluran pencernaan (meskipun dalam kasus yang jarang terjadi).

Penyumbatan kemungkinan besar terjadi saat permen karet tertelan bersama benda asing, seperti koin, atau saat tertelan dengan bahan yang tidak dapat dicerna seperti biji bunga matahari.

Anak-anak kecil kemungkinan besar akan menelan permen karet karena mereka mungkin tidak mengerti bahwa permen karet dikunyah, bukan ditelan. Tapi terlepas dari skenario aneh ini, menelan permen karet sesekali tidak berbahaya.

Permen karet terbuat dari bahan alami atau sintetis (resin karet), pengawet, perasa, dan pemanis. Tubuh dapat menyerap pemanis, seperti gula, dan bahan tersebut dapat menambah banyak kalori jika Anda banyak mengunyah permen karet.

Meskipun demikian saluran pencernaan manusia tidak bisa mencerna permen karet. Maka dari itu, permen karet akan dipindahkan melalui saluran pencernaan dengan tindakan mendorong (peristaltik) usus yang normal. Perjalanan permen karet kemudian akan berakhir selama perjalanan ke kamar mandi.

Usia Anak Boleh Mengunyah Permen Karet

Anak-anak tidak boleh mengunyah permen karet sampai mereka benar-benar memahami pentingnya untuk tidak menelannya. Pada usia 5 tahun, kebanyakan anak akan mengerti bahwa permen karet berbeda dari permen dan tidak boleh ditelan.

Jadi, jika Anda memiliki adik laki-laki atau perempuan, jangan tawarkan permen karet sampai mereka lebih besar, meskipun ibu atau ayah Anda mengatakan tidak apa-apa.

Haruskah Setiap Anak Mengunyah Permen Karet?

Mengunyah permen karet menyebabkan kerusakan gigi (freepik)

Terlalu banyak mengunyah permen karet bisa menjadi masalah kesehatan. Mengunyah permen karet sulit untuk perawatan gigi dan sebagian besar permen karet yang tidak bebas gula dapat menyebabkan gigi berlubang.

Permen karet bebas gula yang dimaniskan dengan sorbitol juga bisa menjadi masalah karena bisa menyebabkan diare. Kemudian permen karet rasa kayu manis dalam bentuk apapun dapat mengiritasi lapisan mulut. Permen karet tersebut bisa menjadi panas dan pedas di mulut Anda, seperti yang mungkin Anda ketahui.

Aturan paling baik adalah tetap dengan permen karet bebas gula dan tidak memiliki lebih dari satu atau dua potong sehari. Dan ketika Anda selesai menelan permen karet, jangan menelannya. Buang itu sebagai gantinya!

Selain permen karet tertelan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi