Bukan Sembarang Tips, Ketua Asosiasi Franchise Indonesia Bocorkan Rahasia Bisnis Waralaba Agar Cepat Memikat Pasar

| 09 Aug 2024 07:00
Bukan Sembarang Tips, Ketua Asosiasi Franchise Indonesia Bocorkan Rahasia Bisnis Waralaba Agar Cepat Memikat Pasar
Ilustrasi bisnis franchise (Unsplash)

ERA.id - Franchise atau waralaba merupakan salah satu bidang bisnis yang layak dicoba, khususnya bagi yang masih pemula di bidang bisnis. Untuk memulai bisnis waralaba, Ketua Asosiasi Franchise Indonesia, Drs. Anang Sukandar membagikan beberapa tips.

Menurut Anang Sukandar untuk berhasil dalam bisnis waralaba maka harus dilakukan dengan serius dan tekun. Ia menganjurkan untuk mempelajari tentang kewirausahaan atau entrepreneurship.

“Kalau franchise ya harus serius, tangani semuanya, mulai dari awal tekun. Ilmunya entrepreneur dulu, nanti kalau sudah matang baru dirikan franchise,” kata Anang Sukandar saat ditemui Era.id di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, pada Rabu (7/8/2024).

Meskipun bisnis waralaba, Anang menyarankan untuk membuatnya tetap memiliki ciri khas dan mengikuti standar yang sesuai. Ini akan membuat bisnis tersebut unik dan pelanggan tidak merasa bosan.

“Cari usaha yang punya ciri khas, yang tidak mudah ditiru orang. Misalnya makanan jangan hanya itu saja, bosan nanti orang, misal kayak hidangannya kah yang dilainkan,” tuturnya.

“Itu biasanya dalam ilmu best practice, itu pentingnya juga standarisasi. Standarisasi mengarah pada usaha yang efisien dan efektif, jangan lupa ya,” tambahnya.

Untuk modal yang harus dipersiapkan, Anang menyarankan mulai dari Rp300 juta. Ia juga menyarankan bidang usaha waralaba yang bisa digeluti adalah fast food dan makanan untuk para vegan atau vegetarian.

“Kalau modal ya nggak mungkin yang 100 juta terlalu kecil. 300 juta ke atas lah sebagai awal ya, itu bisa untuk franchise. Sektor misal makanan ya fast food, kita ada rawon, itu dijadikan fast food kan bisa. Bidang vegan juga bisa,” pungkas Anang Sukandar.

Rekomendasi