Tanpa Deodoran, 6 Makanan yang Bantu Menghilangkan Bau Ketiak

| 26 Aug 2024 18:15
Tanpa Deodoran, 6 Makanan yang Bantu Menghilangkan Bau Ketiak
Ilustrasi bau badan (Freepik/burartn)

ERA.id - Bau ketiak membuat seseorang menjadi tak percaya diri. Sebab, bau badan tak sedap bisa menganggu orang lain. Selain deodoran, bau badan bisa dikurangi dengan asupan makanan yang tepat.

Kamu bisa mengembalikan kesegaran tubuh dan menghilangkan aroma tak sedap dengan beberapa makanan alami. Lantas, makanan apa saja yang bisa bantu menghilangkan bau badan? Berikut 6 pencegah bau badan, seperti dilansir dari laman Only My Health.

1. Buah jeruk

Buah jeruk seperti jeruk purut, lemon, dan jeruk bali tidak hanya menyegarkan,tetapi juga kaya akan vitamin C. Nutrisi penting ini membantu mengatur kelenjar keringat dan mengurangi bau badan. Peras jus lemon dalam air atau manjakan diri dengan jeruk yang berair untuk memanfaatkan manfaat penghilang bau alami.

2. Mint dan peterseli

Ramuan aromatik ini dikenal luas karena kemampuannya untuk menyegarkan napas, tetapi mereka juga dapat memerangi bau badan. Mint dan peterseli memiliki sifat antibakteri alami yang menetralkan bakteri penyebab bau di dalam tubuh. Tambahkan ke salad, smoothie, atau bahkan kunyah beberapa daun mint segar untuk kesegaran instan.

3. Teh hijau

Minum teh hijau tidak hanya memberikan hidrasi, tetapi juga membantu mengontrol bau badan. Teh hijau mengandung polifenol yang memerangi bakteri yang bertanggung jawab untuk menyebabkan bau tidak sedap. Nikmati secangkir teh hijau yang menyegarkan di pagi hari atau sepanjang hari untuk menjaga bau badan.

4. Mentimun

Dengan kandungan air yang tinggi dan sifat pendinginannya, mentimun adalah makanan musim panas yang sangat baik untuk memerangi bau badan.

Ini membantu mengatur suhu tubuh, mengeluarkan racun, dan membuatmu tetap terhidrasi. Sertakan irisan mentimun dalam salad atau nikmati sebagai camilan menyegarkan di antara waktu makan.

5. Yogurt

Makanan kaya probiotik seperti yogourt membantu menjaga usus yang sehat, yang secara tidak langsung dapat berkontribusi mengurangi bau ketiak atau tubuh. Pilih yoghurt polos tanpa pemanis dan masukkan ke dalam diet sebagai camilan, bahan smoothie, atau bahkan dalam saus salad.

6. Semangka

Seperti namanya, semangka adalah buah penghidrasi yang luar biasa yang dapat membuatmu tetap dingin dari dalam. Tetap terhidrasi sangat penting dalam mencegah bau badan, karena membantu mengatur suhu tubuh dan mengeluarkan racun. Nikmati irisan semangka yang berair sebagai camilan lezat untuk mengalahkan panasnya musim panas.

Rekomendasi