Tomiko Itooka Pecahkan Rekor Dunia sebagai Orang Tertua yang Masih Hidup

| 26 Aug 2024 17:30
Tomiko Itooka Pecahkan Rekor Dunia sebagai Orang Tertua yang Masih Hidup
Tomiko Itooka, orang tertua yang masih hidup di dunia (Times of India)

ERA.id - Perempuan asal Jepang, Tomiko Itooka, telah resmi diakui oleh Guinness World Records sebagai orang tertua yang masih hidup di dunia. Ia saat ini berusia 116 tahun. 

Dilansir dari Times of India, Tomiko Itooka menerima gelar ini setelah meninggalnya Maria Branyas Morera yang berusia 117 tahun dari Spanyol belum lama ini. 

Tomiko Itooka sendiri lahir pada 23 Mei 1908, di Osaka. Saat ini Tomiko tinggal di panti jompo di Ashiya, Prefektur Hyogo, Jepang.

Kehidupan Tomiko telah ditandai dengan pencapaian luar biasa, terlebih untuk aktivitas fisik. Di masa mudanya, dia aktif sebagai seorang pendaki gunung. Ia bahkan mendaki Gunung Ontake 3.067 meter di Jepang dua kali dan mengejutkan pemandunya karena melakukannya dengan sepatu kets, bukan sepatu hiking. 

Gaya hidup aktifnya tetap berlanjut meski usianya sudah senja. Di usianya yang ke-100 tahun, Tomiko menaiki tangga batu Kuil Ashiya tanpa bantuan. 

Tomiko Itooka menikah pada usia 20 tahun dan memiliki empat orang anak. Setelah kematian suaminya pada tahun 1979, Tomiko hidup mandiri di Prefektur Nara, di mana ia sering mendaki dan bahkan menyelesaikan Ziarah Saigoku Kannon, sebuah perjalanan ke 33 kuil Buddha.

Meskipun usianya kini sudah 116 tahun dan pergerakan tubuhnya sudah sulit, Tomiko masih bisa berinteraksi normal dengan orang lain. Ia sering mengungkapkan rasa terima kasih kepada pengasuhnya. 

Tomiko Itooka juga suka menikmati makan pisang dan minum Calpis, minuman Jepang yang populer setiap pagi. Keluarganya percaya umur panjangnya adalah karena kecintaannya pada aktivitas fisik dan pandangan positifnya terhadap kehidupan.

Rekomendasi