Tata Cara Menyembelih Ayam Menurut Islam yang Wajib Dipahami

| 07 Sep 2024 17:55
Tata Cara Menyembelih Ayam Menurut Islam yang Wajib Dipahami
Ilustrasi ayam. (Freepik)

ERA.id - Bagi setiap muslim, tentunya memahami jika semua persoalan kehidupan sudah diatur oleh peraturan atau syariat Islam. Salah satunya adalah tata cara menyembelih ayam menurut Islam. Saat memotong ayam, dianjurkan untuk membaca doa menyembelih ayam. Dalam Islam, proses penyembelihan dengan tata cara tersebut bertujuan agar daging hewan yang disembelih tetap terjaga.

Dalam syariat Islam, ayam atau hewan yang disembelih tidak sesuai syariat maka diragukan kehalalannya. Oleh sebab itu, saat menyembelih ada beberapa ketentuan yang harus dipahami setiap muslim, salah satunya adalah tata cara dan doa yang dibaca.

Lantas, bagaimana tata cara menyembelih ayam menurut Islam? Simak ulasannya di bawah ini.

Doa menyembelih ayam

Dikutip dari kitab Al-Tadzib fi Adillati Matb al-Ghayah wa al-Taqrib oleh Musthafa Dib al-Bugha, ada beberapa syarat penyembelihan yang harus diikuti, salah satunya penyembelih harus memiliki akal sehat. Selain itu, alat penyembelihan yang dimanfaatkan harus pisau tajam agar proses penyembelihan berlangsung cepat dan tidak menyiksa hewan.

Sebelum melakukan proses penyembelihan, diharuskan membaca basmalah terlebih dahulu. Setelahnya barulah memanjatkan doa menyembelih ayam. Dinukil dari buku Doa Andalan Para Nabi susunan Dr Mustafa Murad, berikut bacaan yang bisa diamalkan:

“Allahumma hadzihi minka wa ilaika fataqabbal minnii yaa kariim.”

Artinya: "Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada-Mu. Karenanya Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku."

Pisau yang digunakan untuk menyembelih ayam haruslah pisau tajam. (Pixabay)

Etika Saat Menyembelih Hewan

Dikutip dari kitab Nazam Takziyah oleh K H Ahmad Rifa'i, ada sejumlah etika yang wajib diperhatikan saat menyembelih hewan, termasuk ayam, antara lain:

  • Seseorang yang menyembelih wajib memahami ilmu syariat dan tata cara menyembelih
  • Ketika hendak menyembelih, wajib mempelajari ilmu syariat dan memahami tata cara penyembelihan yang benar terlebih dahulu
  • Memahami bahwa menyembelih binatang sebagai satu bentuk ibadah
  • Senantiasa mengusahakan aspek halal dan menjauhi perkara haram

Tata Cara Menyembelih Ayam Menurut Islam

Menurut buku Fikih susunan H Ahmad Ahyar dan Ahmad Najibullah, tata cara menyembelih ayam sesuai syariat adalah sebagai berikut:

  • Sediakan alat penyembelihan yang tajam dan bersih
  • Ikat kaki hewan yang akan disembelih kemudian baringkan menghadap kiblat, posisi lambung kiri diposisikan di bawah
  • Membaca nama Allah atau membaca basmalah kemudian diikuti dengan doa
  • Menyembelih tenggorokan dan dua urat leher hewan yang akan disembelih dalam satu gerakan sehingga jalan makan, minum, nafas, serta urat nadi kanan dan kiri pada leher hewan terputus.

Adapun syarat hewan yang boleh disembelih sesuai dengan syariat agar berkah dan halal untuk dikonsumsi adalah sebagai berikut:

  • Tergolong kategori hewan yang halal dalam Islam.
  • Hewan masih dalam keadaan hidup atau bukan bangkai.
  • Ayam tidak liar atau dapat dikuasai sebelum disembelih.

Demikian tata cara menyembelih ayam menurut Islam yang bisa diamalkan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi