Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya, Wajib Dipahami!

| 14 Feb 2023 21:05
Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya, Wajib Dipahami!
Ilustrasi cara menghilangkan kutu rambut (Pixabay)

ERA.id -Tidak hanya menyerang orang dewasa, ternyata kutu juga dapat menyerang anak-anak. Jika anak Anda terlihat kerap menggaruk-garuk kepalanya, sebaiknya Anda harus segera menentukan cara menghilangkan kutu rambut. Sebab, gejala tersebut juga akan memberikan risiko bagi kesehatan anak Anda.

Untuk membasmi kutu rambut di kepala, Anda dapat memanfaatkan bahan alami yang mudah didapatkan.

Apa Itu Kutu Rambut?

Sebelum mengulas bagaimana cara menghilangkan kutu rambut, sebaiknya kita ketahui dulu apa itu kutu rambut. Kutu rambut adalah parasit kecil yang mengisap darah di kepala kita. Kondisi ini memang sering terjadi pada anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi orang dewasa terkena gejala ini.

Sedangkan ada 3 jenis kutu yang mengisap darah manusia, antara lain:

  • kutu tubuh
  • kutu kemaluan
  • kutu rambut

Jenis-jenis kutu tersebut berbeda-beda dan diberi nama sesuai dengan bagian tubuh yang menjadi sasaran mereka.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Jika anak Anda sudah terlanjut terkena kutu rambut, ada kemungkinan Si Kecil tertular dari teman mainnya.

Jika hal itu sudah terjadi, maka Anda harus cepat-cepat mengatasinya agar kutu tidak berkembang biak. Di bawah ini adalah cara mengatasi kutu rambut secara alami yang bisa Anda lakukan.

Sisir Kutu

Ilustrasi sisir serit (Foto: Pixabay)

Cara menghilangkan kutu rambut yang pertama yaitu dengan penggunaan sisir kutu. Anda hanya menggunakan jenis sisir yang rapat, seperti sisir serit yang mempunyai jarak antar gigi sekitar 0,2 mm.

Tujuan dari penggunaan sisir ini yaitu untuk mengangkat lebih banyak kutu dan telur kutu, bahkan hingga yang ada di dekat kulit kepala. Saat menggunakan sisir serit, sebaiknya rambut Anda berada dalam kondisi basah.

Karena kutu akan bergerak lebih lambat dan juga lebih mudah terlihat, sehingga Anda akan bisa mendapatkan kutu lebih banyak.

Cuka

Cara menghilangkan kutu rambut lainnya yaitu dengan menggunakan cuka. Sifat asam pada cuka akan menghilangkan kutu rambut dengan cepat. Namun, agar kulit kepala Anda tidak mengalami iritasi, Anda harus menggunakannya dengan hati-hati.

Untuk menggunakannya, Anda tinggal campurkan cuka dengan minyak kelapa secara rata, selanjutnya aplikasikan ke kulit kepala sebelum tidur dengan shower cap.

Keesokan paginya, bilaslah rambut Anda dengan shampo hingga bersih.

Walaupun mudah, Anda harus mengingat bahwa perawatan dengan bahan alami tidak secepat obat kutu pabrik yang Anda dapatkan di apotek.

Minyak Zaitun

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun cukup sebenarnya mudah dilakukan. Anda cukup mengoleskan minyak zaitun ke rambut dengan merata sebelum tidur.

Kemudian, tutup rambut Anda dengan shower cap dan diamkan selama semalam. Keesokan paginya, sisir rambut agar telur kutu yang ada di dekat kulit kepala Anda dapat terangkat. Cara ini termasuk cara tradisional ketika anak maupun orang dewasa memiliki banyak kutu di kepalanya.

Petroleum Jelly

Cara menghilangkan kutu rambut berikutnya yaitu dengan memanfaatkan petroleum jelly. Seperti halnya dengan memanfaatkan minyak zaitun, Anda cukup mengoleskan petroleum jelly ke rambut dengan merata. Selanjutnya, tutup rambut menggunakan shower cap dan diamkan dalam satu malam.

Penelitian menyimpulkan bahwa petroleum jelly bisa digunakan untuk mengatasi kutu rambut, walaupun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menilai efektivitasnya.

Minyak Kayu Putih

Berikut cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih yang dapat dilakukan:

Pertama-tama Anda harus menyediakan bahan berikut:

  • 6 sdm minyak kayu putih
  • 2 buah jeruk nipis
  • Untuk membuatnya, Anda tinggal mencampurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga rata.
  • Setelahnya, oleskan campuran bahan tersebut hingga merata ke seluruh rambut, dan kemudian pijat-pijat agar makin meresap. Diamkan hingga kurang lebih 2 jam. Jika sudah selesai, bilas rambut dengan air hangat dan keramaslah dengan shampo seperti biasa. Langkah terakhir, sisir rambut dengan sisir serit untuk menyingkirkan kutu dan telur yang sudah mati.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga bisa menjadikan kutu lemas dan tidak mempunyai daya. Anda cukup meratakan minyak kelapa ke kulit kepala dan memijatnya hingga meresap. Setelah selesai, bilas dengan shampo hingga bersih. Selanjutnya, gunakan sisir serit untuk menyisir kutu dan telurnya hingga habis. Lakukan perawatan ini beberapa kali untuk mendapatkan hasil terbaik.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan kutu rambut yang dapat Anda lakukan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi