5 Alasan Jangan Langsung Minum Air Putih Setelah Olahraga

| 18 Sep 2024 15:10
5 Alasan Jangan Langsung Minum Air Putih Setelah Olahraga
Dampak minum air putih setelah olahraga (Freepik)

ERA.id - Apakah kamu selalu minum banyak air putih setelah berolahraga? Memang benar bahwa tetap terhidrasi itu penting, karena membantu mengganti cairan yang hilang melalui keringat selama berolahraga.

Namun tahukah kamu, minum air putih segera setelah berolahraga mungkin tidak bagi tubuhmu. Berikut 5 alasan jangan langsung minum air putih setelah olahraga, seperti dilansir dari laman India.

1. Sakit perut

Salah satu alasan mengapa kamu tidak boleh minum air putih segera setelah berolahraga adalah untuk menghindari sakit perut. Olahraga yang intens dapat menyebabkan kehilangan cairan yang signifikan melalui keringat. Minum air putih terlalu cepat setelah berolahraga dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung, tidak nyaman, atau mual.

2. Memengaruhi tekanan darah

Kesehatan kardiovaskular mengalami perubahan yang signifikan selama dan setelah berolahraga. Denyut jantung dan tekanan darah secara alami meningkat selama aktivitas fisik.

Langsung minum air putih setelah berolahraga dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah yang cepat. Hal ini berpotensi menyebabkan pusing atau pening.

3. Ketidakseimbangan elektrolit

Konsumsi air yang cepat atau berlebihan dapat mengencerkan elektrolit penting seperti natrium dan kalium, terutama setelah latihan yang lama atau intens. Hal ini dapat menyebabkan kram otot, pusing, atau lemas.

4. Overhidrasi

Overhidrasi atau hiponatremia terjadi ketika mengonsumsi air dalam jumlah berlebihan dalam waktu singkat. Hal ini dapat mengencerkan kadar natrium dalam darah. Minumlah air secukupnya, dan sesuaikan asupan berdasarkan intensitas dan durasi latihan olahraga.

5. Gangguan pemulihan

Minum air terlalu cepat setelah latihan dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mengatur suhu dan mencerna nutrisi. Hal ini dapat menyebabkan gangguan dalam proses pemulihan dan penyerapan nutrisi.

Rekomendasi