Jangan Berlebihan, Ini Lho 5 Efek Samping Keseringan Minum Air Dingin

| 02 Jul 2024 07:30
Jangan Berlebihan, Ini Lho 5 Efek Samping Keseringan Minum Air Dingin
Ilustrasi air dingin (Unsplash)

ERA.id - Minum air yang cukup dapat membantu kita untuk tetap terhidrasi. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan, setidaknya dua liter atau 8 gelas per hari kita mengonsumsi air putih.

Minum air putih pun banyak pilihannya seperti air putih dingin atau air hangat. Tapi, apakah kamu menyadari kalau suhu air yang diminum juga dapat memengaruhi kesehatan? 

Sebagian besar kita memilih minum segelas air dingin setelah bekerja, terutama selama cuaca panas untuk memuaskan dahaga dan menghilangkan kelelahan. Tetapi tanpa disadari, minum air dingin dapat lebih berbahaya jika berlebihan.

Berikut 5 efek samping jika mengonsumsi air dingin secara berlebihan, seperti dilansir dari laman KENT RO. 

1. Gangguan pencernaan

Salah satu alasan utama untuk menghindari minum air dingin adalah karena memiliki implikasi serius pada pencernaan kamu. Air dingin serta beberapa minuman dingin berkontraksi dengan pembuluh darah dan juga membatasi pencernaan. 

Proses alami menyerap nutrisi selama pencernaan terhambat ketika kamu mengonsumsi air dingin. Alasannya adalah fokus tubuhmu dialihkan dari pencernaan ke mengatur suhu tubuh dan air dingin. 

Tubuh kamu perlu menghabiskan energi ekstra untuk mengatur suhu tubuh ketika  mengonsumsi apa pun yang memiliki suhu sangat rendah. Energi ekstra sebenarnya diperlukan untuk pencernaan yang tepat dan penyerapan nutrisi yang terhalang.

2. Menurunkan detak jantung

Alasan lain untuk menghindari minum air dingin adalah karena menurunkan detak jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum air dingin tidak hanya menurunkan detak jantung tetapi juga merangsang saraf vagus.

Saraf ini mengontrol fungsi tubuh yang tidak disengaja. Saraf juga merupakan bagian integral dari sistem saraf. Karena saraf vagus secara langsung dipengaruhi oleh suhu air yang rendah, detak jantung akhirnya melambat.

3. Kerusakan lemak

Minum air dingin segera setelah makan juga mengganggu kemampuan tubuh untuk memecah lemak. Suhu air yang dingin mengeraskan lemak dari makanan dan akibatnya, menjadi sulit bagi tubuh untuk memecah lemak yang tidak diinginkan dari tubuh. Bahkan jika minum air biasa, pastikan kamu menunggu selama 30 menit setelah makan sebelum minum air untuk mendapatkan manfaat maksimal.

4. Menyebabkan sembelit

Minum air suhu kamar diperlukan untuk proses pencernaan, namun, minum air dingin dapat menyebabkan sembelit. Alasannya adalah ketika minum air dingin, makanan mengeras dan mengeras ketika melewati tubuh. Usus juga berkontraksi yang merupakan salah satu penyebab utama sembelit.

5. Mengejutkan tubuh

Minum air dingin terutama setelah latihan berat harus dihindari. Banyak orang membuat kesalahan dengan minum air dingin, terutama selama cuaca panas dan setelah berolahraga. Namun, menurut para ahli kebugaran, disarankan untuk minum air hangat setelah berolahraga. 

Pasalnya kebiasaan ini bisa membuat tubuhmu menghasilkan banyak panas saat berolahraga. Jika minum air dingin, ada ketidakcocokan suhu yang berdambat pada kesehatan pencernaan.

Di samping itu, suhu dingin pada air juga dapat membuat cairan kesulitan terserap tubuh air. Minum air dingin tepat setelah berolahraga dapat menyebabkan sakit perut kronis karena air yang sangat dingin mengejutkan tubuh. Hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Rekomendasi