Nikah Usia 17 Tahun dan Tanpa Modal, 5 Fakta Perjalanan Cinta Mikaila Patritz dan Muhammad Fardhan

| 10 Aug 2022 07:30
Mikaila Patritz dan Muhammad Fardhan Khan (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

ERA.id - Mikaila Patritz resmi menikah dengan aktor Muhammad Fardhan Khan pada 2014. Usia pernikahan berjalan 8 tahun, rupanya perjalanan cintanya tak mulus begitu saja. Sebelum menikah, keduanya juga harus bisa meyakinkan hati orang tua dan mertua untuk menikah.

Hal ini karena Mikaila Patritz menikah di usia 17 tahun. Penasaran seperti apa perjalan cinta pasangan ini? Berikut 5 fakta perjalanan cinta Mikaila Patritz dan Muhammad Fardhan

1. Perbedaan usia 6 tahun

Mikaila Patritz dan Muhammad Farhan Khan (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)
Mikaila Patritz dan Muhammad Fardhan Khan (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit) 


Mikaila Patritz dan Muhammad Fardhan memiliki  perbedaan usia 6 tahun. Keduanya menikah di usia yang terbilang muda.Artis blasteran Belanda, Australia, dan Indonesia itu menikah di usia 17 tahun. Sedangkan, Fardhan menikah di usia 23 tahun. Mereka menikah pada 2014.

"Kami perbedaan umur 6 tahun, kalau sekarang masih enak dilihat. Dia pakai baju sekolah waktu itu, kesannya kayak pedofil. Terus tiba-tiba pacaran sama dia, dia masih SMA dan berumur 16 tahun. 1,5 tahun pacaran langsung nikah," ungkap Muhammad Fardhan saat ditemui Era.id dalam acara Close Up di Habitate Jakarta, Jl Setiabudi Utara Raya, Kuningan, Jakarta pada Selasa (9/8/2022).

2. Sempat diremehkan teman

Muhammad Fardhan mengaku dirinya sempat diremehkan oleh teman-temannya karena berpacaran dengan Mikaila yang kala itu masih berusia 16 tahun. Namun, ia bisa meyakinkan untuk serius dengan Mikaila.

"Iya, lingkungan itu mental enggak kuat itu dilanjutkan apa enggak. Dari lingkungan ada, kalo pacaran lebih tua pernah soalnya, bahkan dia lebih tua 10 taun. Terus tiba-tiba pacaran sama dia, dia masih SMA. Ya, kalau dari lingkungan enggak usah ambil hati," katanya.

"Teman-teman kaget dikira sebentar, terus aku buktikan bahwa kami serius sampai nikah. Kami menunjukkan enggak cuma ngomong, pas pacaran kami tunjukkan keseriusan," lanjutnya.

3. Menikah tanpa modal

Mikaila Patritz dan Muhammad Fardhan Khan (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)
Mikaila Patritz dan Muhammad Fardhan Khan (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit) 


Menariknya, pasangan ini tidak mengeluarkan modal saat menggelar pesta pernikahan dan hanya melakukan akad nikah di KUA. Menurutnya, uang tabungan lebih baik dipakai untuk masa depan, bukan menggelar acara pernikahan meriah.

"Kami (menikah) di Kantor Urusan Agama (KUA) saja. Enggak keluar seperak pun. Aku bilang ada tabungan ini mau beli mobil dan rumah, jadi itu harus diutamakan. Dalam keluarga sebenarnya karena usia, mereka panik bagaimana hidupnya, anak gimana, hidupnya gimana. Mereka lebih ke ekonomi, sedangkan kami bawa aman dan nyaman buat menikah," ungkap Mikaila Patritz.

4. Meyakinkan hati mertua dan orang tua

Tak berjalan mulus, rupanya Muhammad Fardhan dan Mikaila memiliki cara agar bisa meyakinkan hati orang tua dan mertua. Apalagi, usia keduanya berbeda 6 tahun. Selain itu, keluarga Mikaila menginginkan menantu bule.

"Aku lebih ke usia, karena ibu tahunya aku sukanya sama yang lebih tua," ujar Muhammad Fardhan.

"Tapi keluargaku mikirnya aku sama bule, pas aku kenalin ini orang Indonesia. Terus dibilang 'nanti berantem mulu'. Shock aja, apalagi mereka tahu mantan-mantan aku bule. Tapi nikahnya ujung-ujungnya sama bule juga. Lebih ke usia juga ya, apalagi jaraknya nih jauh. Tapi, hal ini justru bisa mendewasakan aku," kata Mikaila.

5. Utamakan Berkomunikasi

Pasangan ini selalu mengutamakan berkomunikasi dimana pun berada. Ketika ada masalah, keduanya akan meredam emosi dulu dan berbicara baik-baik serta mencari solusi yang tepat.

"Jadi, aku pengen bahas semua dan jangan pendem. Ngomong sampe selesai, enggak boleh besok-besok. Harus diomongin sekarang," tuturnya.

Rekomendasi