Jadi Istilah Populer di Aplikasi Kencan, Apa Itu FWB?

| 05 Sep 2022 21:04
Jadi Istilah Populer di Aplikasi Kencan, Apa Itu FWB?
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Banyak pengguna aplikasi kencan yang di profil mereka membubuhkan kata-kata “no FWB”. Lantas apa itu FWB? Yuk cari jawabannya.

Apakah Anda bertanya-tanya apa arti sebenarnya dari FWB yang merupakan kependekan dari friend with benefit atau "teman dengan manfaat"?

Selain aplikasi kencan, mungkin Anda pernah mendengar istilah itu muncul di film dan acara TV. Apakah FWB merupakan situasi yang tepat untuk Anda. Perlu diketahui, untuk membuat hubungan FWB berhasil, penting untuk memahami apa sebenarnya arti dan makna dari hubungan ini.

Apa Itu FWB?

Hubungan pertemanan dengan manfaat adalah hubungan di mana dua orang secara fisik dekat atau intim satu sama lain. Kendati demikian, mereka tidak berkomitmen satu sama lain dengan cara apa pun.

Stacey Laura Lloyd menjelaskan orang-orang yang terlibat dalam hubungan FWB jelas menikmati untuk menghabiskan waktu bersama, tetapi hubungan mereka tidak romantis dan tidak ada ikatan.

Apakah Hubungan FWB Tepat untuk Anda?

Jika Anda berpikir untuk menjalin hubungan pertemanan dengan manfaat, ada beberapa poin penting yang akan membantu Anda menentukan apakah hubungan tersebut  bermanfaat bagi Anda dalam segala hal.

Penulis rubrik asmara di KTLA Morning News tersebut menjelaskan Hubungan tidak terikat dengan kurangnya komitmen emosional, dapat menarik bagi sebagian orang karena beberapa alasan. Mereka yang takut akan ikatan atau bahkan yang menderita pelecehan traumatis dapat mengambil manfaat dari FWB.

Tidak ada komitmen emosi dalam FWB (Unsplash)

Hubungan FWB tidak perlu komitmen, selain itu orang-orang yang tidak tertarik pada romantisme dapat tertarik pada hubungan ini. Pelaku FWB adalah mereka yang sudah dalam hubungan romantis terbuka namun hanya berusaha memenuhi kebutuhan seksual.

Akhirnya, orang-orang yang memiliki kondisi kesehatan mental yang menurunkan kadar oksitosin (zat kimia yang mendorong kita untuk membentuk ikatan antar pribadi) dapat memperoleh manfaat dari FWB dengan menikmati hubungan fisik.

Kapan Kita Harus Menghindari FWB?

Untuk menghindari sakit hati di masa depan, Anda harus sepenuhnya memahami apa yang Anda lakukan ketika melakukan FWB. Hal tersebut lantaran hubungan ini tidak membuat Anda merasa tidak terpenuhi atau tidak penting.

Meskipun mungkin hubungan FWB dapat berubah menjadi sesuatu yang lebih, Anda mungkin akan patah hati jika ikatan adalah tujuan Anda sejak awal. Kemudian jika hubungan FWB mencegah Anda soal komitmen dalam jangka panjang, maka sebaiknya Anda mundur.

Jika Anda ingin memulai FWB, penting untuk memahami soal penerimaan penuh tentang apa artinya hubungan ini bagi Anda berdua. Partner FWB Anda bukanlah milik Anda, dan hubungan tersebut dapat memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung pada keinginan dan kebutuhan Anda saat ini.

Selain itu, penting untuk diketahui bahwa partner Anda tidak dapat memberi Anda dukungan dan perhatian emosional yang biasanya ditunjukkan oleh pasangan dalam hubungan yang berkomitmen.

Ketika Anda berhubungan FWB, maka tidak akan ada kegiatan yang lebih intim, seperti menangis di bahu mereka, menghadiri acara keluarga, atau pergi berkencan secara formal.

Kemudian untuk menjaga kedamaian dan menghindari kekecewaan, tetapkan harapan sejak awal dan jaga percakapan tetap terbuka dan berkelanjutan. Hal tersebut untuk memastikan Anda berdua berada pada tujuan yang sama.

Selain pertanyaan apa itu FWB, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi