Sering Bocor, Ini 4 Langkah yang Direkomendasikan untuk Melindungi Data Pribadi

| 07 Sep 2022 19:03
Sering Bocor, Ini 4 Langkah yang Direkomendasikan untuk Melindungi Data Pribadi
Ilustrasi (foto: Unsplash)

ERA.id - Sebagai bentuk tanggung jawab dalam membentuk komunitas siber yang aman, perlindungan data pribadi tentunya harus benar-benar diusahakan oleh pengguna internet. Berikut ini merupakan beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melindungi data pribadi di internet yang wajib Anda pahami.

1. Pilih Password yang Sulit Ditebak Orang Banyak           

Pintu masuk pencurian data dan membobol akses data pribadi yaitu dengan memanfaatkan nama pengguna dan password. Tidak sedikit orang yang memilih password yang mudah diingat sehingga mudah pula ditebak orang lain. Semoga Anda bukan termasuk salah satunya.

Biasanya, hal ini dipilih karena khawatir akan lupa dengan password yang dipilih. Inilah alasan paling banyak yang menjadikan kebanyakan orang memilih untuk membuat password yang serupa dengan nama anak, nama pengguna, tanggal lahir, dan lain sebagainya.   

Salah satu teknik perlindungan data pribadi yang paling banyak digunakan adalah menentukan password yang unik dengan kombinasi karakter, huruf, dan tanda baca, yang tidak terpikirkan oleh orang lain.

Jika khawatir akan lupa, Anda bisa mencatat password di tempat lain tanpa mencatat keterangan bahwa itu adalah password. Anda juga disarankan untuk ganti password secara berkala.

2. Hati-hati dengan Tautan Phising

Anda pastinya sudah pernah mendapatkan informasi hoaks yang dikirimkan orang lain ke grup-grup obrolan. Nah, dalam informasi tersebut sering kali terdapat ajakan untuk meng-klik tautan yang diberikan, contohnya ajakan mengisi formulir untuk menerima bantuan dari pemerintah, ternyata situs yang diberikan bukanlah milik pemerintah.

Nah, untuk menghindari kebocoran data pribadi, sebaiknya Anda waspada dan tidak meng-klik berbagai tautan yang keamanannya belum bisa dipastikan. Waspadai tautan phising yang dapat mencuri data pribadi pada smartphone maupun perangkat komputer yang Anda gunakan.

3. Pastikan Data Terenkripsi

Enkripsi data adalah sebuah proses yang dapat mengubah informasi menjadi suatu format yang tidak dikenal atau tidak mampu terbaca oleh pihak yang tidak memiliki kepentingan. Selama Anda memasukkan data penting untuk melindungi data pribadi di internet, pastikan data terenkripsi dengan baik.

Hal yang harus Anda ingat adalah, selalu berhati-hati dengan tingkat keamanan di dunia maya, dan jangan sampai terlena, sebab kriminalitas di dunia maya semakin mengkhawatirkan.

4. Sering Gunakan Wi-Fi di Tempat Umum? Berhati-hatilah

Fasilitas Wi-Fi yang diberikan secara gratis di tempat umum memang akan membantu ketika Anda membutuhkan koneksi internet yang lancar tanpa mengeluarkan biaya langganan. Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan fasilitas Wi-Fi yang tersedia, tetapi Anda harus tetap berhati-hati.

Ilustrasi (foto: dok. pixabay)

Sebab, kadang-kadang penjahat siber bisa memanfaatkan jaringan Wi-Fi untuk melakukan pembobolan data pribadi di internet.

Nah, demikianlah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan sebagai cara melindungi data pribadi di internet. Jika memungkinkan, Anda juga dapat mengaktifkan mode Incognito saat berselancar di internet. Dengan mengaktifkan mode Incognito atau jendela penyamaran, Anda dapat menghindari kebocoran data yang mungkin terjadi atau setidaknya meminimalisir bahaya.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi