Kelahiran, Remaja, Hingga Dewasa, Potret Ratu Elizabeth II dari Masa ke Masa

| 09 Sep 2022 18:13
Kelahiran, Remaja, Hingga Dewasa, Potret Ratu Elizabeth II dari Masa ke Masa
Ratu Elizabeth II bersama Pangeran Philip. (Twitter/@xsweetxplum)

ERA.id - Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022). Kabar itu dilaporkan oleh Istana Buckingham.

Melalui akun Twitter The Royal Family mengabarkan Ratu Elizabeth II meninggal di Balmoral, Skotlandia. Ratu Elizabeth II memegang pimpinan kerajaan Inggris selama 70 tahun terakhir.

Ratu Elizabeth II boleh adalah Ratu monarki konstitusional dari 16 negara berdaulat (dikenal sebagai Alam Persemakmuran) dan teritori beserta dependensinya, serta ketua dari 54 anggota Negara-Negara Persemakmuran. Ratu Elizabeth juga merupakan Gubernur Agung Gereja Inggris.

Perjalanan hidup Ratu Elizabeth II terekam dan tersimpan rapi dalam dokumentasi Kerajaan Inggris. Berikut protret Ratu Elizabeth II dari bayi hingga hampir tutup usia.

1. Kelahiran Ratu Elizabeth II

(Dok. Instagram)

Ratu Elizabeth II lahir dengan nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary pada 21 April 1926. Ia anak pertama dari Pangeran Albert, Adipati York (kemudian menjadi Raja George VI), dan istrinya, Elizabeth Angela Marguerite Bowes-Lyon (kemudian lebih dikenal sebagai Ratu Elizabeth, Ibu Suri). Elizabeth dilahirkan melalui operasi caesar pada pukul 2:40 AM (GMT) tanggal 21 April 1926 di kediaman kakeknya di 17 Bruton Street, Mayfair, London.

2. Saat balita

(Dok. Instagram)

Elizabeth kecil sangat mencintai kuda dan anjing, serta bersikap tertib dan bertanggungjawab. Ia menjalani hidupnya dalam sorotan kerajaan.

3. Masa anak-anak

(Dok. Instagram)

Elizabeth muda pandai bersosialisasi dengan gadis-gadis seusianya. Dikutip dari Wikipedia,  Elizabeth sempat terdaftar sebagai anggota kepanduan Sea Ranger pada tahun 1937.

4. Masa Muda

(Dok. Instagram)

Saat ia mendekati ulang tahun ke-18, hukum berubah sehingga dia bisa bertindak sebagai salah satu dari lima Konselor Negara yang mewakili Britania Raya jika ayahnya tidak mampu atau sedang melakukan kunjungan luar negeri.

5. Menikah

(Dok. Instagram)

Pada tahun 1947 Elizabeth II menikah dengan sepupu jauhnya, Philip Mountbatten, yang menjadi Adipati Edinburgh.

6. Naik tahta

(Dok. Instagram)

Di tahun-tahun awalnya, takhta bukanlah takdirnya. Elizabeth naik takhta pada tanggal 6 Februari 1952, Ratu Elizabeth menjadi Ketua Persemakmuran sekaligus ratu dari tujuh Alam Persemakmuran (Commonwealth Realms) merdeka, yaitu: Britania Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan dan Sri Lanka.

7. Memiliki anak

(Dok. Instagram)

Pernikahan Elizabeth dengan Pangeran Philip kemudian dikaruniai empat orang anak, yaitu Charles, Anne, Andrew, dan Edward. Upacara penobatannya dilaksanakan pada tahun 1953 dan merupakan upacara penobatan pertama yang disiarkan melalui televisi.

8. Kehidupan keluarga hingga memiliki cucu dan cicit

Sang Ratu meninggalkan empat anaknya, delapan cucu dan 12 cicit.

Rekomendasi