Hanya Punya Satu Ginjal, Acha Septriasa Akui Tahu Saat Usia 18 Tahun

| 09 Sep 2022 18:38
Hanya Punya Satu Ginjal, Acha Septriasa Akui Tahu Saat Usia 18 Tahun
Acha Septriasa (Instagram/achaseptriasa)

ERA.id - Acha Septriasa mengungkap bahwa ia adalah seseorang yang hanya memiliki satu ginjal. Meski sudah dari lahir, Acha ternyata baru mengetahui kondisinya ini saat usianya 18 tahun.

Hal ini disampaikan Acha saat tampil di program FYP di Trans 7, pada Rabu (7/9/2022). Acha mengetahui dirinya hanya punya satu ginjal sejak kerap pingsan saat di lokasi syuting.

"Iya (tahu punya satu ginjal di usia 18), karena waktu itu kan lagi syuting film, aku sering pingsan. Terus biasanya kalau lagi syuting kan sampai 20 jam, itu aku nggak kuat," ungkap Acha.

Menyadari bahwa tubuhnya tidak sehat, Acha pun akhirnya memutuskan untuk berobat. Saat pemeriksaan, dokter tidak menemukan salah satu ginjalnya, sehingga ia dinyatakan memang hanya memiliki satu ginjal sejak lahir.

"Ternyata pas lagi di USG, di bagian kiri ada, di kanan kok nggak ada. Akhirnya masuk ke dalam apa itu, CT scan ya. Terus habis itu pas dicari nggak ada sama sekali di sebelah kanan, kosong. Ya sudah dinyatakanlah kalau aku tih ternyata dari kecil punya satu ginjal," jelasnya.

Meski demikian, Acha menegaskan bahwa menurunnya kesehatannya kala itu bukan karena punya satu ginjal, melainkan karena pola hidupnya yang tidak sehat. Ia jarang minum dan bahkan sering menahan buang air kecil saat ia sibuk bekerja sebagai aktris.

"Terus ternyata aku kan memang dulu jarang minum, pokoknya minum itu seadanya saja. Terus habis itu suka nahan pipis kalau lagi di lokasi syuting," tambahnya.

"Sebenarnya nggak masalah ternyata (punya satu ginjal). Cuma yang salahnya aku itu jarang minum sama suka menahan buang air kecil," pungkas Acha Septriasa.

Fakta akan Acha Septriasa ini ramai dibahas, terlebih setelah banyak diunggah di TikTok. Netizen merasa kagum dengan Acha yang bisa bertahan dengan satu ginjal.

"Hebat bgt bs bertahan ya," komentar netizen.

"Gue yg sering nahan pipis, jd kepikiran wey," ucap yang lainnya.

Rekomendasi