Kunci Keyless Hilang? Ini Solusi yang Bisa Anda Lakukan

| 18 Sep 2022 07:24
Kunci Keyless Hilang? Ini Solusi yang Bisa Anda Lakukan
Ilustrasi remote keyless (antaranews)

ERA.id - Saat ini cukup banyak pabrikan sepeda motor yang menggunakan teknologi smartkey system atau remote keyless. Namun, bagaimana jika remote keyless atau kunci keyless hilang?

Ilustrasi smartkey system (dok. AHM)

Fitur smartkey system membuat pengguna sepeda motor tidak lagi membutuhkan kunci konvensional. Remote yang ukurannya kecil ini bisa dengan mudah digenggam.

Cara Kerja Remote Keyless atau Kunci Keyless

Remote ini menggunakan sistem kerja seperti pemancar sinyal. Ketika tombol tertentu ditekan, sinyal dari remote akan dikirim ke sepeda motor terkait, kemudian sinyal tersebut diterima oleh smart control unit (SCU) yang ada di dalam sistem sepeda motor untuk menyalakannya.

Namun, ukuran remote yang kecil tak hanya memberikan kemudahan dalam penggenggaman, tetapi juga risiko hilang atau tertinggal. Jika kunci konvensional hilang, pemilik kendaraan bisa menghubungi atau datang ke tukang pembuat kunci. Namun, bagaimana dengan remote ini?

Hal yang Dilakukan jika Kunci Keyless Hilang

Menurut Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, dalam setiap pembelian sepeda motor berteknologi keyless selalu diberikan pula satu remote keyless cadangan. Dengan demikian, pemilik kendaraan bisa menyalakan sepeda motornya menggunakan perangkat tersebut.

Setelah sepeda motor berhasil dinyalakan, pemilik diharapkan segera membawa sepeda motor tersebut (termasuk remote keyless cadangan) ke bengkel resmi. Hal tersebut perlu dilakukan agar bisa dibuatkan remote keyless baru. Jika remote keyless cadangan itu juga hilang, ada barcode pendaftaran remote keyless baru.

"Kalau hilang satu masih ada cadangannya, kalau cadangannya juga hilang masih ada juga barcode-nya. Itu barcode bisa digunakan untuk mendaftarkan remote yang baru," terang Endro, dikutip Era dari Kompas.

Dia menjelaskan bahwa barcode atau ID tag khusus umumnya diberikan di salah satu remote keyless bawaan kendaraan. Barcode atau ID tag tersebut dibuat khusus untuk masing-masing unit sepeda motor yang jadi pasangannya.

Setelah membeli sepeda motor dengan remote keyless, sang pemilik motor disarankan menyimpan barcode itu, dan jangan sampai hilang.

Trik yang bisa dilakukan sebagai bentuk antisipasi adalah mendokumentasikan barcode tersebut dalam bentuk foto. Umumnya, ponsel para pemilik kendaraan lebih terjamin keamannya, bukan? Penyimpanan foto di ponsel bisa menjadi trik untuk dilakukan.

Penggantian Satu Set Smartkey System

Namun, jika ternyata barcode khusus tersebut juga hilang, masih ada cara lagi, tetapi membutuhkan prosedur yang lebih ribet.

"Kalau barcode-nya juga hilang, mau tidak mau harus ganti SCU dan ECM. Itu satu set nanti sama remote-nya, dan yang bisa melakukan hanya bengkel resmi," jelas Endro.

Penggantian satu set dilakukan dengan tujuan memblokir remote keyless yang lama atau kunci keyless hilang. Ini adalah hal yang penting agar sepeda motor sang pemilik tidak dicuri oleh orang menggunakan remote keyless yang lama (yang telah hilang). Penggantian satu set membuat orang yang menemukan remote keyless tidak bisa menggunakan sepeda motor terkait.

Rekomendasi