Tips ke Karimunjawa: Persiapan, Jalur, dan Waktu Terbaik untuk Liburan

| 24 Sep 2022 06:02
Tips ke Karimunjawa: Persiapan, Jalur, dan Waktu Terbaik untuk Liburan
Salah satu resort di Karimunjawa (antaranews)

ERA.id - Salah satu destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Karimunjawa. Ini merupakan kepulauan di utara Pulau Jawa, tepatnya Kabuapten Jepara, Jawa Tengah, yang memiliki sekitar 27 pulau. Jika Anda belum pernah ke daerah ini, tips ke Karimunjawa bisa Anda jadikan panduan.

Foto di Karimunjawa (bob.kemenparekraf.go.id)

Di kawasan tersebut wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti snorkeling, menyelam, dan trekking. Namun, Karimunjawa tak hanya menawarkan pemandangan pantai yang eksotis. Terdapat pula bukit dan hutan bakau yang indah menyegarkan.

Beberapa hal perlu diketahui sebelum melakukan perjalanan ke kepulauan ini. Pengetahuan dan persiapan yang matang membuat liburan semakin menyenangkan dan aman. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu diketahui, dikutip Era dari Kompas.

Tips ke Karimunjawa untuk Liburan

Akun Instagram @wisatakarimun menyebut bahwa waktu yang tepat untuk berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa adalah musim panas. Kekurangan dari melancong ke Karimunjawa saat musim panas adalah angin yang cenderung kencang dan gelombang yang juga tinggi.

Ilustrasi tips ke Karimunjawa (antaranews)

"Kalau mau yang tenang, ya di pergantian musim. Seperti pergantian musim panas ke musim hujan, atau musim hujan ke musim panas. Itu biasanya lautnya tenang," terang @wisatakarimun kepada Kompas

Di Indonesia, umumnya musim panas atau musim kemarau terjadi antara bulan April hingga Oktober. Sementara, musim hujan umumnya terjadi pada November hingga Maret. Oleh sebab itu, perjalanan ke Karimunjawa bisa dilakukan pada bulan Maret hingga April atau Oktober hingga November.

Laut tenang bukan hanya soal perjalanan menuju ke lokasi. Ketika laut tenang, kegiatan di pantai dan laut bisa dilakukan dengan lebih menyenangkan dan aman karena airnya bening dan tenang.

Untuk menuju Karimunjawa, ada beberapa pilihan yang bisa dipilih. Perjalanan laut bisa dilakukan dari Pelabuhan Kartini di Jalan Ade Irma Suryani, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Akun @wisatakarimun menjelaskan (tahun 2021), wisatawan bisa menemukan dua jenis kapal di pelabuhan tersebut.

Yang pertama adalah kapal cepat dengan perkiraan perjalanan selama dua jam dan biaya tiket mulai dari Rp165.000/orang untuk sekali jalan. Pilihan kedia adalah kapal feri dengan estimasi perjalanan 4 hingga 5 jam. Tarif tiket kapal ini lebih murah, mulai dari Rp95.000/orang untuk sekali jalan. Jalur laut lain yang bisa dipilih adalah Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah.

Destinasi wisata Jawa Tengah itu juga bisa dijangkau dengan transportasi udara. Wisatawan bisa naik pesawat dari Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, dan akan turun di Bandara Dewadaru, Kepulauan Karimunjawa.

Tips Liburan di Karimunjawa

Selama di Karimunjawa, wisatawan bisa menyewa sepeda motor atau mobil.  Akun @wisatakarimun berpendapat bahwa sepeda motor bisa digunakan dengan lebih leluasa digunakan saat wisatawan mengeksplorasi Karimunjawa.

Bagaimana dengan biaya yang harus dikeluarkan? Harga sewa sepeda motor mulai dari Rp75.000/24 jam. Harga sewa mulai dari Rp450.000/24 jam.

Satu hal penting terkait budget yang perlu disiapkan oleh wisatawan, yaitu menyiapkan uang tunai sejak sebelum ke Karimunjawa. Itu karena jumlah mesin ATM di Karimunjawa terbilang terbatas. Selain itu, perhitungan yang cermat dan matang perlu dilakukan agar tidak terjadi kekurangan uang tunai saat di lokasi. 

Paket data yang digunakan juga harus tepat. Menurut akun @wisatakarimun, pada tahun 2021 provider ponsel yang disarankan adalah Telkomsel. Satu lagi tips ke Karimunjawa yang tak boleh lupa, yaitu menyiapkan tabir surya untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.  

Rekomendasi