Tips Menyiapkan Biaya Liburan Biar Tidak Membengkak dan Sesuai Target

| 19 Aug 2023 20:15
Tips Menyiapkan Biaya Liburan Biar Tidak Membengkak dan Sesuai Target
Tips menyiapkan biaya liburan (unsplash)

ERA.id - Merencanakan liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan memang memerlukan perencanaan yang matang, terutama dalam hal persiapan biaya. Sehingga dibutuhkan tips menyiapkan biaya liburan secara khusus.

Dalam artikel ini akan dibahas berbagai tips dan strategi untuk menyiapkan biaya liburan. Hal tersebut bertujuan agar Anda dapat merencanakan perjalanan yang menyenangkan tanpa merusak anggaran Anda.

Ada banyak cara untuk mengumpulkan dana liburan (unsplash)

Tips-Tips Menyiapkan Biaya Liburan

  1. Menetapkan Tujuan Tabungan

Jika Anda sudah tahu persis tempat yang ingin Anda kunjungi dan rencana kegiatan selama di sana, hitung berapa banyak yang perlu Anda tabung agar dapat mewujudkannya.

Namun, jika Anda ingin pergi berlibur tetapi belum yakin mau ke mana, tetapkan tujuan untuk menabung sejumlah tertentu — misalnya Rp10 juta adalah titik awal yang baik — lalu carilah informasi tentang perjalanan yang dapat Anda lakukan dengan jumlah tersebut.

Pastikan untuk merencanakan anggaran Anda berdasarkan biaya barang dan jasa di destinasi Anda. Biayanya mungkin jauh lebih tinggi daripada yang biasa Anda bayar di rumah.

  1. Sertakan Keperluan Dasar dan Tambahan

Anggaran perjalanan bukan hanya seputar tiket pesawat dan penginapan. Anggaran perjalanan yang komprehensif seharusnya mencakup:

●        Transportasi ke dan dari destinasi Anda serta transportasi selama di sana. Ini bisa termasuk sewa mobil, layanan tumpangan, dan transportasi umum.

●        Akomodasi, seperti kamar hotel atau sewa liburan

●        Makanan, termasuk camilan dan minuman

●        Kegiatan, seperti museum, tur, pertunjukan, dan ekskursi

●        Belanja, termasuk oleh-oleh dan barang-barang kecil

●        Tips untuk sopir, housekeeper, dan anggota tim pelayanan lainnya

  1. Percepat Tabungan Anda

Ada banyak cara untuk mengumpulkan dana untuk anggaran liburan Anda. Anda dapat membuka rekening tabungan khusus dan meminta agar sebagian gaji Anda langsung disetorkan ke dalamnya (jika perusahaan tempat Anda bekerja menawarkan opsi tersebut).

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan pekerjaan paruh waktu dan mengalihkan seluruh pendapatan Anda ke dana liburan. Anda juga bisa menjual barang-barang yang tidak terpakai di rumah, seperti pakaian dan perlengkapan olahraga. Dan akhirnya, Anda dapat mengurangi hiburan mewah seperti makan di luar selama beberapa bulan dan mengalokasikan dana tersebut untuk anggaran liburan.

  1. Cari Cara untuk Mengurangi Biaya

Penelitian dan perencanaan sangat penting untuk menjaga agar liburan Anda terjangkau. Pastikan untuk membandingkan harga tiket pesawat, hotel, dan mobil sewaan. Periksa apakah paket-paket yang dikombinasikan menawarkan lebih banyak penghematan daripada memesan secara terpisah.

Jika Anda bepergian ke daerah di mana Anda memiliki teman atau keluarga, coba pertimbangkan untuk menginap bersama mereka sepanjang atau sebagian perjalanan. Ini dapat menghemat banyak biaya penginapan. Namun pastikan untuk menawarkan balasan jika mereka berkunjung ke daerah Anda.

Jika menginap di hotel, belilah camilan dan minuman untuk kamar Anda agar terhindar dari godaan mini bar, serta manfaatkan sarapan gratis jika ada yang ditawarkan.

  1. Bawa Barang yang Diperlukan

Meskipun tidak mungkin untuk memprediksi segala sesuatu yang mungkin terjadi selama perjalanan, membawa beberapa barang yang mungkin Anda butuhkan akan menghemat.

Pastikan untuk membawa barang-barang seperti obat-obatan umum dan perlengkapan pertolongan pertama. Simpan obat resep dalam bagasi kabin Anda. Lalu siapkan botol air yang dapat diisi ulang akan membantu Anda tetap terhidrasi di mana pun Anda pergi, tanpa harus terus-menerus membayar air kemasan.

Selain tips menyiapkan biaya liburan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Tags : tips Liburan
Rekomendasi