TikTok Now: Cara Kerja dan Perbedaannya dengan TikTok Stories

| 23 Sep 2022 21:09
TikTok (kr-asia)

ERA.id - Baru-baru ini, TikTok Now diluncurkan sebagai fitur baru yang semakin memberikan keseruan dan interaksi pada aplikasi ini.  Interaksi antar penggunanya dapat ditingkatkan dari fitur pengembangan TikTok ini. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai TikTok Now di bawah ini.

Mengenal TikTok Now

Dilansir dari laman The Verge, 23 September 2022, perusahaan analitik Sensor Tower menyebutkan bahwa peringkat TikTok Now saat ini menduduki 10 besar aplikasi jejaring sosial teratas pada 39 negara dan secara keseluruhan di 24 negara ada pada peringkat 100 aplikasi teratas.

TikTok is now available on Amazon's Fire Tv. (photo: doc. unsplash)

Aplikasi yang digunakan untuk berbagi foto dan video ini menyediakan berbagai model fitur editan saat penggunanya mengunggah konten sesuai dengan yang diinginkan. Dengan demikian, pengguna dapat mengunggah konten yang lebih beragam variasinya.

Sedangkan TikTok Now adalah fitur terbaru yang disediakan TikTok, dan memungkinkan penggunanya untuk bisa mengunggah foto ataupun video pada saat itu juga. Dalam aplikasi TikTok Now, pengguna hanya diberikan waktu selama 3 menit untuk mengunggah kontennya. Tentunya hal ini menjadi tantangan baru untuk para kreator.

Notifikasi TikTok Now setiap harinya akan muncul pada layar ponsel pintar para kreator. Setelah notifikasi ini muncul, pengguna selanjutnya memiliki waktu selama 3 menit untuk mengunggah konten, dan jika tidak mengunggah apa-apa, maka kesempatan akan hangus.

Konten yang diunggah pada TikTok Now bisa ditonton oleh orang lain dan begitu pula sebaliknya. Kreator juga dapat mengatur akun mana saja yang dapat melihat unggahannya sesuai keinginan. Dengan demikian, hal ini akan memudahkan pengguna untuk menyortir akun mana pun yang diperbolehkan menonton kontennya.

Sedangkan pada bagian kalender atau lini masa, kreator akan menerima laporan terkait unggahan yang sudah dilakukan. Pengguna bisa melihat catatan hari konten tersebut diunggah, dan akan menerima laporan jika pengguna tidak mengunggah konten.

Apa yang Membedakannya dengan TikTok Stories

Sebetulnya, TikTok Now dan TikTok Stories ada kemiripan. Namun, ada juga beberapa hal yang membedakan. Perbedaan utamanya ada pada waktu penggunaan; konten yang diunggah pada TikTok Stories lebih cenderung fleksibel dan bisa kapan saja, sementara TikTok Now menyediakan batas waktu yang sangat sempit bagi pengguna.

Pengguna atau kreator dapat setiap saat menggunakan TikTok Stories, seperti saat menggunakan Instagram Stories atau aplikasi sejenisnya. Pengguna juga dapat mengunggah jenis konten apa pun dan kapan pun sesuai kehendaknya.

Sementara itu, pada TikTok Now, pengguna harus siap memanfaatkan kamera depan atau belakang dari smartphone-nya. Sebab, fitur ini hanya akan menyala dan dapat digunakan dalam waktu 3 menit sesuai notifikasi yang muncul. Jika pengguna tidak menggunakannya, maka kesempatan untuk mengunggah konten akan hilang dan harus menunggu kesempatan di hari berikutnya.

Sudah Diluncurkan dalam Bentuk Aplikasi di Indonesia

Di negara lain, TikTok Now masih diluncurkan sebagai salah satu fitur yang terdapat pada aplikasi TikTok umumnya. Namun, di Indonesia, TikTok Now dihadirkan dalam bentuk aplikasi yang mandiri sebagai masa uji coba yang diterapkan oleh TikTok.

Demikian beberapa informasi tentang fitur terbaru Tiktok Now. Bagaimana? Anda merasa tertantang untuk instal?

Baca artikel-artikel dan informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terbaru dari ERA, Media Terpercaya dan Pilihan Anda.

Rekomendasi