Kalkulator Uang TikTok: Pengertian dan Cara Kerjanya

| 22 Aug 2022 19:01
Kalkulator Uang TikTok: Pengertian dan Cara Kerjanya
Unsplash

ERA.id - Pada saat ini, media sosial tidak hanya memberikan informasi ataupun hiburan bagi orang-orang. Dari media sosial, pengguna memiliki peluang menghasilkan uang atau pendapatan yang cukup melimpah.

Salah satu aplikasi media sosial yang dapat memberikan penghasilan bagi penggunanya yaitu Tiktok. Seperti yang diketahui, Tiktok saat ini sudah lengkap dengan fitur-fitur pendukung yang hampir sama seperti e-commerce, contohnya Tiktok Affiliate Program dan Tiktok Shop.

Berbeda dari Youtube yang memberikan penghasilan kepada konten kreator melalui adsense, pengguna Tiktok dapat menghasilkan uang melalui endorsement seperti Instagram. Dikutip dari kitalulus.com, ada tiga faktor yang menentukan pengguna mendapatkan endorsement, antara lain pengikut, jumlah like, dan interaksi yang terjalin (engagement).

Selain endorsement, pengguna juga bisa menghasilkan uang dari Tiktok melalui Payout Coins atau donasi. Fitur ini merupakan fitur yang bisa pengguna temukan saat melakukan live streaming di Tiktok, dan dari kegiatan live streaming ini pengguna dapat meminta donasi dari orang-orang atau pengguna lain yang bergabung dalam live streaming.

Karena Tiktok dapat memberikan penghasilan kepada penggunanya dengan sistem pengumpulan dalam jangka waktu tertentu, maka pengguna Tiktok juga wajib memahami aplikasi kalkulator Tiktok.

Pengertian Kalkulator TikTok

Kalkulator Tiktok merupakan sebuah aplikasi yang mempermudah pengguna untuk meninjau dan menganalisis penghasilan yang diterima dari Tiktok. Dari aplikasi ini juga, pengguna bisa melihat jumlah uang yang sudah dikumpulkan dari video yang mereka unggah.

Selain itu, aplikasi ini juga cukup membantu untuk mengetahui seberapa efektif sebuah akun Tiktok memasarkan produknya. Sebab, dari aplikasi Kalkulator Tiktok inlah pengguna atau pemilik bisnis dapat mengetahui jumlah followers, jumlah konten, likes, dan engagement. Dengan demikian, pemilik bisnis dapat memilih konten kreator yang diminta mempromosikan produk dengan tepat.

Cara Kerja Kalkulator Tiktok

Kalkulator Tiktok memiliki sistem kerja yang cukup sederhana, pengguna cukup memasukkan username dan selanjutnya sistem akan membaca semua aktivitas di profil, mengekstrak seluruh konten, dan memperkirakan keterlibatan rata-rata. Selanjutnya algoritma akan menilai setiap parameter secara terpisah dalam hitungan detik.

Jumlah komentar dan like di akun Tiktok pengguna akan dicocokkan dengan profil lain di niche untuk meminimalisir bias. Kemudian jumlah tersebut dibagi dengan jumlah keseluruhan penayangan pada semua video terbaru. Barulah dikalikan dengan angka 100 untuk menentukan perkiraan persentase.

Cara Menghasilkan Uang di Tiktok

Bagi pengguna yang ingin menghasilkan uang di Tiktok, bisa menggunakan dua cara utama. Cara yang paling umum adalah pemasaran influencer. Cara ini mengharuskan pengguna untuk mempromosikan berbagai produk atau merek pada video yang diunggahnya. Dengan kata lain, pengguna ini mempunyai video iklan bersponsor yang akan menghasilkan lebih banyak penjualan dari produk atau merek tersebut.

Cara kedua untuk mendapatkan uang dari Tiktok yaitu dengan menjual produk atau layanan di video yang diunggah. Misalnya iklan produk herbal kecantikan atau jasa terapi.

Pengguna dapat melakukan pemasaran influencer atau mempromosikan layanannya sendiri. Namun, dalam usaha ini, pengguna harus membuat videonya memiliki daya tarik yang kuat. Dengan demikian, pengguna harus mencari banyak follower atau pengikut, komentar, suka, dan jumlah tayangan pada video. Pada umumnya, pengguna memerlukan sekitar lebih dari 100.000 pengikut dan ratusan komentar pada setiap video.

Jumlah Uang yang Dapat Dihasilkan dari Tiktok

Untuk setiap profilnya, jumlah uang yang didapatkan sangat bervariasi. Pengguna dapat menghasilkan uang sebesar 50.000 USD sampai 150.000 USD untuk setiap satu merek kemitraan. Tergantung dari niche profil pengguna, lokasi, target pemirsa, keterlibatan profil pengguna, dan sebagainya.

Jenis Kalkulator Uang Tiktok

Salah satu jenis kalkulator uang tiktok yang paling banyak digunakan oleh konten kreator adalah Exolyt. Sebuah alat analitik Tiktok yang mempermudah influencer, pebisnis, dan kreator konten untuk mengoptimalkan akun Tiktok yang mereka miliki.

Fitur yang disediakan Exolyt antara lain menampilkan data total like, jumlah follower atau pengikut, jumlah total konten yang diunggah, dan estimasi penghasilan dari setiap video pada sebuah akun.

Cara Menggunakan Kalkulator Uang Tiktok Exolyt

  • Masuk ke situs www.exolyt.com pada browser.
  • Setelah berhasil dan menemukan kolom penghitungan penghasilan TikTok, masukkan nama akun TikTokmu dan selanjutnya klik tombol “Calculate earnings/Hitung Penghasilan”.
  • Sistem akan melakukan kalkulasi, tunggu beberapa saat sampai proses selesai dan memperlihatkan hasil rata-rata dari akun TikTokmu.

Pengguna sendiri dapat mengakses Exolyt secara gratis tanpa perlu melakukan pendaftaran.

Demikian penjelasan dari kalkulator uang Tiktok serta jenis dan cara pengaplikasiannya, semoga bermanfaat.

Rekomendasi