Merasa Terhina, Es Teh Indonesia Milik Nagita Slavina Somasi Netizen yang Komplain Produk Minuman Terlalu Manis

| 26 Sep 2022 09:53
Merasa Terhina, Es Teh Indonesia Milik Nagita Slavina Somasi Netizen yang Komplain Produk Minuman Terlalu Manis
Nagita Slavina (Foto: Instagram/@esteh.indonesia)

ERA.id - Es Teh Indonesia kini tengah diperbincangkan di jagat Twitter. Sebab, ada seorang netizen yang melayangkan kritikan pedas untuk bisnis yang dipimpin oleh Nagita Slavina ini. Hingga akhirnya, cuitannya menjadi viral dan trending topic Twitter pada Minggu (26/9).

Hingga akhirnya, Es Teh Indonesia melayangkan somasi kepada netizen tersebut. Hingga akhirnya, netizen itu meminta maaf di akun Twitter-nya. Mulanya, pemilik akun Twitter bernama Gandhi lewat akun Twitter @Gandhoyy melayangkan kritikan pedas.

Gandhoy menyebut salah satu varian minuman Es Teh Indonesia terlalu minum sehingga bisa membuatnya diabetes. Ia menyebut kandungan pemanis dari minuman tersebut kadar manisnya sangatlah berlebihan.

"Abis minum es teh indonesia yang chizu red velvet pertama kali dan terakhir kali, an***g lu gila yak itu bukan minuman t** tapi gula 3kg dikocok sama sp bahan kue t*l*l bet siapa sih yang bikin ni minuman b*ngs**t bangkrut ae lu mending daripada bocah kena diabetes massal," tulis @Gandhoyy.

Cuitan dari netizen tersebut jadi viral dan tim Es Teh Indonesia membalas cuitan tersebut. Ia menyebut cuitan tersebut sudah diterima oleh tim legal pihaknya. Es Teh Indonesia bakal mengambil langkah hukum usai mengetahui hal tersebut.

"Halo kak, terima kasih supportnya. Sehubungan dengan tweet tsb, datanya sudah diterima oleh tim legal kami," balas Es Teh Indonesia.

Namun, balasan dari Es Teh Indonesia sudah dihapus. Usai ramai cuitan tersebut, Gandhi kembali membuat cuitan berupa surat somasi yang diterimanya dari Es Teh Indonesia. Somasi bernomor 001/EKS/LEGAL/ST-EIM/IX/2022 tertanggal 24 September 2022.

Permintaan maaf (Foto: Twitter/@Gandhoyy)
Permintaan maaf (Foto: Twitter/@Gandhoyy)

Lalu, Gandhi meminta maaf atas kritikannya yang dianggap cuitannya kasar hingga membuat kerugian bagi Es Teh Indonesia.  

"Selamat pagi, perkenalkan saya Gandhi sebagai pemilik akun twitter @gandhoyy yang pada beberapa hari lau saya membuat twit yang tidak mengenakkan kepada perusahaan minuman PT. ES Teh Indonesia Makur yang dimana saya mencela produk yang saya konsumsi yang menyebabkan kerugian," tulis akun @Gandhoyy.

"Pada perusahaan minuman terkait. Sehingga disini saya sendiri ingin memohon maaf kepada PT. ES Teh Indonesia Makmur karena saya telah membuat twit yang ramai diperbincangkan publik yang berhubungan dengan salah satu produknya yaitu 'Chizu Red Velvet' yang saya beropini dan juga," katanya.

"Sekaligus menjelekkan nama produk, pemberian informasi yang keliru kandungannya, dan nama perusahaan. Sekali lagi saya memohon maaf terhadap twit yang saya buat atas pencemaran nama baik PT. ES Teh Indonesia Makmur. Terima kasih," tutupnya.

Dalam isi surat somasi tersebut, Es Teh Indonesia merasa dirugikan, terhina atau pencemaran nama baik dengan pernyataan netizen tersebut. Berikut isi surat somasi Es Teh Indonesia:

"Sehubungan dengan adanya informasi yang kami terima terkait salah satu produk Es Teh Indonesia di media sosial Twitter yang saudara berikan dengan bukti tertuang pada URL. Kami menyadari dan selalu membuka pintu terhadap kritik dan saran dari konsumen tanpa terkecuali sehingga dapat selalu berinovasi terhadap kualitas produk dan pelayanan kami.

Akan tetapi harap dimengerti dan diketahui bahwa kritik dengan penghinaan atau informasi yang menyesatkan adalah hal yang berbeda. Adapun hal keberatan yang ingin kami sampaikan sebagai berikut:

1. Bahwa adanya pernyataan atas rasa manis pada produk adalah bersifat subjektif yang berhak dimiliki semua pihak, dan kami telah memberikan opsi lain sesuai kebutuhan dari konsumen (hak untuk memilih). Sehingga kurang pantas menyatakan bahwa produk Chizu Red Velvet minuman seperti gula seberat 3Kg, Kami menganggap pernyataan tersebut dapat menyebabkan pemberian informasi keliru dan atau menyesatkan kepada konsumen/ publik.

2. Bawa adanya kata-kata hewan dan kata yang kurang baik lainnya ditujukan kepada kami selaku pemilik merek dan pencipta produk minuman tersebut. Sehingga Kami merasa terhina atau pencemaran nama baik atas pernyataan yang telah saudara berikan yang dapat melukai hati keluarga besar Es Teh Indonesia.

Berdasarkan hal-hal yang telah disebutkan di atas dengan ini kami memperingatkan dan menegur dengan keras somasi saudara untuk segala segera melakukan penghapusan dan klarifikasi atas pernyataan tweet pada akun Twitter pribadi saudara paling lambat 2X24 jam sejak tanggal surat ini."

Bogor, 24 September 2022

Hormat Kami,

PT. Esteh Indonesia Makmur

Rekomendasi