Kenali Tanda-Tanda Kucing Mau Melahirkan dan Lakukan Hal yang Diperlukan

| 29 Oct 2022 11:25
Lustrasi kucing dan anak-anaknya (unsplash)

ERA.id - Anda punya kucing betina? Jika dia tidak disterilkan, Anda perlu tahu tanda-tanda kucing mau melahirkan. Ini merupakan hal yang penting agar Anda bisa memberikan bantuan yang tepat sehingga proses kelahiran kucing-kucing mungil berjalan lancar.

Ilustrasi anak-anak kucing (unsplash)

Kucing memang bisa melahirkan tanpa bantuan orang lain. Namun, Anda mungkin akan khawatir jika kehamilan tersebut adalah yang pertama bagi si kucing kesayangan. Selain itu, Anda perlu tahu informasi ini agar tidak salah memberi penanganan.

Tanda-Tanda Kucing Mau Melahirkan

Dikutip Era dari The Spruce Pets, kucing memiliki masa kehamilan sekitar 60 hari. Ketika mendekati hari kelahiran, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa di kucing segera melahirkan.

1.    Cari tempat

Sekitar satu atau dua hari sebelum induk kucing melahirkan, dia akan ke sana kemari mencari tempat yang aman, nyaman, aman, dan tenang untuk melahirkan. Beberapa tempat yang biasanya digunakan kucing untuk melahirkan adalah langit-langit rumah, lemari, dan kolong kamar tidur. Ada pula yang memilih kardus yang sesuai kriteria.

2.    Gelisah

Tak hanya mencari tempat, kucing juga akan tampak gelisah sebelum melahirkan. Dia akan mondar-mandir tidak jelas, terengah-engah, dan menjilati tubuhnya secara berlebihan, khususnya area alat kelamin. Kucing juga akan lebih sering mengeong dan kehilangan nafsu makan.

3.    Puting susu menonjol

Perubahan fisik juga terjadi saat kucing akan melahirkan. Salah satu contoh perubahan tersebut adalah puting susu yang lebih menonjol, membesar, dan berubah warna (lebih cerah atau lebih gelap).

4.    Kontraksi

Ketika melahirkan, kucing akan terlihat mengalami kontraksi untuk mendorong anak di dalam rahimnya keluar. Ketika ini terjadi, kucing bisa mengeong kesakitan. Dalam beberapa kasus, kontraksi akan diikuti dengan keluarnya darah atau cairan yang lain.

Terkait pemilihan tempat, kucing biasanya mencari tempat yang tersembunyi. Namun, pemilik bisa menyiapkan beberapa kebutuhan kucing proses melahirkan bisa berjalan dengan lancar.

·    Kardus

Anda bisa memasukkan kucing yang sepertinya mendepati masa melahirkan. Pilihlah kardus yang cukup besar dan letakkan di tempat yang aman, nyaman, dan cukup tersembunyi. Penyiapan kardus dilakukan agar induk kucing melahirkan anak di satu tempat saja, tidak terpisah-pisah.

·    Handuk/kain

Sebelum memasukkan kucing ke dalam kardus, masukkan handuk atau kain bersih yang sudah tidak digunakan sebagai alas. Handuk atau kain tersebut akan memberikan kehangatan sehingga induk kucing lebih tenang sehingga proses melahirkan bisa berjalan dengan lebih lancar.

Hal yang Perlu Diperhatikan Selama Kucing Melahirkan

Dilansir PDSA, ketika kucing memulai proses melahirkan dia akan mengalami kontraksi yang kuat. Perhatikan beberapa hal berikut ini ketika si kucing memulai proses tersebut.

·    Setelah mengejak selama kurang lebih 30 menit, bisanya anak kucing pertama lahir. Anak kucing selanjutnya bisa lahir setiap 10 hingga 60 menit.

·    Biasanya, anak kucing akan lahir di dalam selaput tipis yang nantinya harus disobek oleh induknya agar anak kucing bisa bernapas.

·    Ari-ari/plasenta akan keluar setiap kelahiran seekor anak kucing.

·    Biasanya plasenta keluar sekitar 15 menit setelah anak kucing lahir. Namun hal ini tidak terjadi dengan urutan sempurna sebab kadang beberapa anak kucing lahir dahulu meski plasenta belum keluar.

·    Jika bisa, coba hitung plasenta tersebut dan hitung pula jumlah anak yang lahir. Jika jumlahnya berbeda, Anda bisa memberitahu dokter hewan karena ada kemungkinan plasenta tersebut tertinggal dan meningkatkan risiko infeksi.

·    Biarkan induk kucing tetap merasa nyaman selama proses melahirkan tersebut.

·    Secara umum, induk kucing butuh waktu sekitar 4 hingga 16 jam untuk melahirkan semua anaknya, kadang bisa lebih lama dari itu.

·    Jika tak ada anak yang lahir setelah induk kucing mengejan selama 20 hingga 30 menit, segera hubungi dokter hewan. Anda juga perlu segera menghubungi dokter jika pada saat tersebut kucing terdengar menangis kesakitan.   

Itulah tanda-tanda kucing mau melahirkan yang perlu Anda ketahui. Meski kucing bisa melahirkan sendiri, pemilik kucing tetap perlu memberikan perhatian secara tepat agar proses melahirkan berjalan lancar.  

Rekomendasi