Aneka Perlengkapan Kucing yang Perlu Disiapkan Sebelum Memeliharanya

| 01 Oct 2022 13:11
Aneka Perlengkapan Kucing yang Perlu Disiapkan Sebelum Memeliharanya
Ilustrasi Pasir Kucing. (Unsplash)

ERA.id - Aneka perlengkapan kucing perlu disiapkan sebelum Anda membawa pulang binatang berbulu itu ke rumah. Persiapan yang kurang matang bisa merepotkan Anda nantinya. Lebih buruk lagi, kucing bisa mudah terserang penyakit.

Ilustrasi Gambar Kucing. (Unsplash)

Beberapa jenis kucing butuh perlakuan khusus, baik untuk penampilan maupun kesehatan. Demi menghindari kemungkinan terburuk, perhatikan beberapa hal berikut ini, dikutip Era dari Rumah Budidaya.

Aneka Perlengkapan Kucing yang Harus Disiapkan

1. Makanan kucing

Tidak semua kucing cocok dengan semua jenis makanan. Anda bisa bertanya kepada penjual makanan kucing mengenai jenis makanan yang cocok dengan jenis kucing yang akan Anda pelihara.

Jika makanan tidak cocok, pencernaan kucing bisa terganggu, bulu kucing bisa mengalami kerontokan, lebih buruk lagi bisa membuat kucing sakit. Merek terkenal dan harga mahal bukan jaminan kecocokan.

2. Tempat makan dan minum

Carilah tempat makanan kucing yang terpisah dengan tempat minumnya. Jika Anda memberikan makanan kering untuk kucing, jangan sampai makanan tersebut basah dan/atau minumannya kotor oleh makanan tersebut.

Mungkin hal tersebut terkesan sepele, tetapi jangan abaikan hal sepele! Makanan yang bercampur air bisa mudah tercium, sedangkan air yang kotor oleh makanan bisa terjadi pencemaran dan membawa bakteri.

3. Perlengkapan buang air

Kucing memiliki kebiasaan buang air besar di pasir, kadang juga untuk buang air kecil. Anda bisa membeli pasir kucing di toko hewan peliharaan dengan harga yang beragam. Bentuk pasir ini biasanya berupa butiran agak besar berwarna putih, ada juga yang seperti kristal warna-warni. Pasir ini bersifat antibakteri, bisa menggumpalkan kotoran kucing, dan mengurangi bau.

Selanjutnya adalah kotak pasir yang digunakan untuk mewadahi pasir tersebut. Kotak ini bisa dibeli di berbagai tempat, seperti toko hewan peliharaan, toko plastik, dan supermarket. Pilihlah kotak yang kokoh dengan ukuran yang cukup besar sehingga kotoran kucing bisa jatuh di bagian dalam, bukan di luar kotak, saat buang air besar.

Alat yang selanjutnya adalah sekop kecil untuk mengambil kotoran tersebut. Jangan biarkan kotoran terkumpul banyak di dalam kotak pasir. Anda bisa memasukkan kotoran tersebut ke dalam plastik untuk dibuang di tempat sampah atau membuangnya di toilet.

4. Sisir dan pengering rambut

Jika kucing Anda punya bulu panjang, sisi adalah hal yang penting, terutama yang terbuat dari besi. Sisir ini digunakan untuk merawat serta mencegah bulu-bulu tersebut saling belit. Selain itu, sisir digunakan untuk membersihkan bulu kucing dari kotoran.

Setelah Anda memandikan kucing, bulu-bulunya harus dikeringkan. Hal ini bisa dilakukan dengan handuk dan dijemur. Namun, kadang kucing yang dijemur malah bergulingan di tanah sehingga kotor lagi. Tips yang bisa dilakukan adalah menggunakan pengering rambut. Bulu kucing harus kembali kering untuk mencegah pertumbuhan jamur.

5. Kandang

Kandang sebenarnya adalah pilihan. Beberapa orang memilih melepasliarkan kucing di dalam rumah, bahkan dibiarkan berkeliaran ke rumah tetangga.

Namun, beberapa orang merasa khawatir kucingnya lari, bermain di tempat kotor, atau diserang oleh hewan lain (misalnya kucing lain atau anjing). Oleh sebab itu, kandang juga bisa jadi pilihan untuk mencegah hal buruk terjadi.

Selain itu, kandang bisa digunakan sebagai tempat tidur kucing. Berikan bantal atau sesuatu yang membuat kucing merasa nyaman di dalam kandang. Biarkan pintu terbuka sehingga kucing bisa keluar masuk dengan bebas.

Satu lagi fungsi kandang adalah ruang karantina jika suatu saat kucing sakit sehingga tidak berkeliaran ke mana-mana. Itulah aneka perlengkapan kucing yang perlu Anda siapkan sebelum memelihara kucing.

Baca artikel-artikel dan informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terbaru dari ERA, Media Terpercaya dan Pilihan Anda.

Rekomendasi