Putranya Idap Katarak Sejak Lahir, Asri Welas Bagikan Kacamata untuk Anak Penyakit Sama

| 08 Nov 2022 14:00
Putranya Idap Katarak Sejak Lahir, Asri Welas Bagikan Kacamata untuk Anak Penyakit Sama
Asri Welas (YouTube)

ERA.id - Aktris Asri Welas belakangan ternyata membagikan kacamata untuk anak-anak penderita katarak di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini diungkap saat Asri ngobrol bersama Vincent Rompies dan Desta Mahendra di kanal YouTube VINDES, pada Senin (7/11/2022).

"Dia (Asri Welas) juga membagikan kacamata katarak buat anak-anak," ujar Desta.

Ternyata awal Asri membagikan kacamata katarak untuk anak-anak itu karena sang putra, Rayyan Gibran Ridharaharja, yang lahir mengidap katarak. Saat itu, Asri kesulitan mencari kacamata untuk sang anak, dan memerlukan biaya yang lumayan mahal.  

"Karena anakku yang kedua itu Gibran, lahir dengan katarak. Waktu itu kesulitan cari kacamata yang enak buat anak-anak, karena dia lahir langsung plus 18, nggak bisa lihat dekat. Dengan bantuan lensa dia bisa lihat dengan jelas, itu dibuat dari Jerman. Itu lumayan mahal," ungkap Asri Welas.

Saat membuat kacamata katarak untuk anaknya, Asri mendapat tawaran dari salah satu optik untuk anaknya dijadikan bintang iklan bersamanya. Asri pun meminta bayaran dengan donasi kacamata katarak untuk anak-anak yang membutuhkan.  

"Untungnya ada satu optik yang support dia, iklan, terus bayarannya aku minta kasih kacamata saja untuk teman-teman Gibran yang membutuhkan, banyak anak yang lahir dengan katarak," tuturnya.

Pada awal gerakan donasi ini dimulai, Asri Welas dan yang lainnya hanya bisa membagikan satu kacamata katarak setiap bulannya. Namun, jumlah donasi kacamata terus bertambah, hingga kini berhasil mencapai 2.025 kacamata, yang harga satuannya Rp10 juta.

"Waktu itu 1 bulan satu kacamata, jadi satu tahun 12. Sekarang ditambah lagi jadi 90, akhirnya sekarang sudah 2025 kacamata. Untuk anak yang lahir katarak, itu satu kacamatanya Rp10 juta," pungkas Asri Welas.

Rekomendasi