Apa Itu Jokes? Bagaimana Cara Membuat Lelucon dan Jenis-Jenisnya?

| 08 Nov 2022 18:10
Apa Itu Jokes? Bagaimana Cara Membuat Lelucon dan Jenis-Jenisnya?
Ilustrasi Jokes (Freepik)

ERA.id - Kadang tidak semua orang dapat memahami dan menerima jokes, meskipun bagi sebagian orang itu adalah hal wajar. Lantas apa itu jokes dan bagaimana penerapannya? Berikut ini penjelasannya.

Apa Itu Jokes?

Jokes atau lelucon adalah cerita atau kalimat lucu yang dimaksudkan untuk membuat orang tertawa. Ketika Anda pandai menceritakan lelucon, maka selamat Anda adalah termasuk orang yang berbahagia.

Dilansir dari vocabulary, banyak lelucon memiliki "punch line" atau bagian yang membuat pendengar Anda tertawa terbahak-bahak atau mengerang–tergantung pada seberapa lucu lelucon itu.

Kemudian ada lelucon yang mengarah ke klimaks. Jenis lelucon lain adalah jenis "praktis" atau trik jokes yang Anda mainkan pada seseorang. Pada 1660-an kata “jokes” dieja “joque” dan dianggap slang.  Jokes sendiri berasal dari akar bahasa Latin iocus, yang bermakna lelucon, olahraga, atau hiburan.

Berbagai jenis lelucon telah menjadi bagian dari pengalaman manusia selama ribuan tahun, dan kemungkinan digunakan sebelum catatan sejarah tertua kita dibuat.

Maksud yang biasa dalam menceritakan lelucon atau mempermainkan seseorang adalah untuk menghasilkan tawa, dan untuk menggambarkan ketidaksempurnaan manusia dalam cara yang lucu.

Jenis-Jenis Jokes

Dilansir dari languagehumanities.org, jenis lelucon yang dinikmati oleh budaya modern antara lain permainan kata-kata atau lelucon praktis, pengamatan cerdas tentang persamaan dan perbedaan, dan lelucon tanya/jawab sederhana.

  1. Permainan Kata-Kata

Lelucon permainan kata-kata memanfaatkan kesamaan antara kata atau frasa. Salah satu permainan kata yang paling umum dikenal adalah permainan atas nama salah satu tulang lengan atas, yang disebut humerus. Tulang ini secara populer disebut sebagai "tulang lucu," karena kedekatannya dengan area sensitif siku dan permainan kata antara "humerus" dan "lucu."

  1. Lelucon Praktis

Komedian menggunakan permainan kata-kata dan pengamatan sifat manusia untuk membuat lelucon. Beberapa jenis lelucon tidak selalu bersifat verbal, tetapi tetap merupakan lelucon, dan ini secara kolektif dikenal sebagai lelucon praktis.

Kemudian dalam lelucon praktis, orang akan dibawa ke dalam situasi yang membuat frustrasi atau tidak nyaman (tetapi idealnya tidak berbahaya). Begitu orang itu menyadari bahwa dia telah digunakan untuk lelucon, humor terjadi dengan mengorbankan orang itu.

Lelucon praktis dimaksudkan untuk membangkitkan frustrasi hingga akhirnya tertawa.

Contoh lelucon praktis adalah apa yang kadang-kadang disebut trik tali tak terlihat. Dalam lelucon ini, dua orang berdiri di tengah jalan perumahan saat senja, dan ketika sebuah mobil mendekat, berpura-pura meregangkan tali di seberang jalan di jalur mobil.

Karena cahaya redup, pengemudi mobil tidak dapat melihat bahwa tidak ada tali, dan sering melambat atau berhenti, kadang-kadang menjadi marah pada dua individu, sementara teman-teman mereka tertawa dari jarak yang cukup dekat.

  1. Lelucon Tanya Jawab

    Jokes tanya jawab seputar kisah cinta menjadi lelucon abadi (Freepik)

Lelucon tanya/jawab dapat digunakan untuk berbagai tujuan humor. Banyak komedian menggunakan pengamatan lucu secara liberal mengenai persamaan dan perbedaan antara orang dan benda.

Komedian Demitri Martin misalnya, telah menulis seluruh lagu komedi yang disebut "Sames and Opposites," di mana dia mengamati, "Mantan pacar adalah hal yang sama dengan film yang bagus. Saya menyukainya pada saat itu tetapi saya tidak ingin melihatnya lagi.” Jenis lelucon ini cenderung menjadi yang paling umum dan paling abadi.

  1. Lelucon Etnis

    Jokes soal etnis bisa dianggap rasis (Freepik)

Sekelompok teman sering memiliki lelucon yang hanya menghibur satu sama lain. Lelucon etnis sering mengolok-olok perbedaan yang dirasakan antara orang-orang dari warisan etnis yang berbeda.

Jenis lelucon ini dapat dianggap ofensif, dan paling baik digunakan di antara teman dekat daripada di perusahaan campuran. Humor yang mencela diri sendiri bisa mirip dalam beberapa hal dengan lelucon rasial, tetapi dalam kasus ini, humor diarahkan pada diri sendiri, bukan ke luar, menghindari kemungkinan pelanggaran.

Contohnya: Salah satu orang terkaya di dunia dan investor miliarder Warren Buffet pernah diberitahu oleh seorang reporter bahwa orang-orang di dunia keuangan mengawasi setiap gerakannya. Dia menjawab, “Percayalah, saya telah memperhatikan setiap gerakan saya selama bertahun-tahun, dan saya tidak begitu terkesan.”

Selain pengertian apa itu jokes, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi