Cara Menghadapi Humor Seksis yang Dapat Terjadi di Lingkungan Kerja atau Sekolahan

| 08 Feb 2024 21:29
Cara Menghadapi Humor Seksis yang Dapat Terjadi di Lingkungan Kerja atau Sekolahan
Apa itu Humor Seksis (unsplash)

ERA.id - Terdapat berbagai cara menghadapi humor seksis, yang dapat menjadi tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

Humor yang merendahkan berdasarkan jenis kelamin memang dapat menciptakan lingkungan yang tidak menyenangkan dan merugikan bagi individu yang menjadi sasarannya.

Apa itu Humor Seksis?

Lelucon seksis adalah humor yang ditujukan kepada individu untuk menghina, menggeneralisasi, memperdaya, dan/atau memperlakukan seseorang sebagai objek berdasarkan jenis kelamin mereka.

Berdasarkan teori disposisi humor, menjelaskan bahwa tidak hanya pria, tetapi wanita juga sering lebih memilih humor yang merendahkan wanita. Penelitian lain mencatat bahwa humor juga merupakan bentuk kekerasan simbolis.

Bahkan wanita dapat membiarkan diri mereka menjadi sumber humor bagi kelompok dominan. Hal ini dapat menunjukkan seksisme internal yang terinternalisasi dan menunjukkan loyalitas mereka kepada kelompok dominan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi strategi dan pandangan yang dapat membantu kita mengatasi humor seksis dengan bijak. Mulai dari memahami dampaknya hingga mengeksplorasi cara-cara untuk memberikan respons yang efektif.

cara menghadapi humor seksis (unsplash)

Cara Menghadapi Humor Seksis

  1. Abaikan

Cara paling sederhana untuk mengatasi ini adalah dengan tidak memberikan tanggapan sama sekali; cukup Anda berhenti berbicara. Mengapa? Karena orang-orang sering tidak menyukai keheningan dan pada umumnya akan berbicara untuk mengisi kekosongan.

Dengan cara ini, mereka mungkin merasa canggung cukup untuk tidak mengulanginya lagi.

  1. Ajukan pertanyaan reflektif

Terkadang, dengan mengulang pernyataan yang merendahkan, orang lain terpaksa mundur atau merenungkan apa yang mereka katakan dan bagaimana hal itu mungkin diterima. Sebagai contoh, ketika seseorang berkata:

“Apa yang saya inginkan sebenarnya adalah agar Susan tidak terlalu berkuasa.”

Lalu, Anda dapat merespons dengan mengulang pemilihan kata mereka:

“Berkuasa?”

  1. Reformulasi

Reformulasi membantu menciptakan cara pandang alternatif terhadap situasi, orang, atau hubungan dengan menguji kembali makna yang diberikan padanya.

Teknik ini akan mempertimbangkan bahwa sudut pandang seseorang bergantung pada bingkai pandang di dalamnya.

  1. Puji perilaku di masa lalu

Jika pelaku adalah seseorang yang Anda kenal secara pribadi, maka ajak dia untuk berperilaku dengan lebih baik, sebagai contoh:

“An, saya pernah melihat Anda bersikap adil dan tidak mengharapkan Anda membuat komentar seperti itu.”

  1. Menanggapi

Anda juga dapat menanggapi lelucon seksi secara langsung. Tanggapi langsung lelucon yang merendahkan dengan menggunakan pernyataan berikut:

  • Saya tidak mengerti, bisakah Anda jelaskan?
  • Itu sama sekali tidak lucu.
  • Itu melanggar kode etik kami.
  • Apakah Anda benar-benar baru saja mengatakan itu?
  • Itu generalisasi/stereotip yang tidak pantas.
  • Itu membuat saya merasa tidak nyaman/canggung.\
  • Anda mungkin perlu lebih berhati-hati dalam memilih kata-kata Anda.\
  • Kata-kata yang tidak menghormati tidak dapat ditoleransi di sini.
  1. Manfaatkan humor

Anda dapat melakukan strategi ini untuk meredakan situasi stres di tempat kerja. Kadang-kadang, sebuah pengamatan atau intervensi singkat yang lucu dapat membantu Anda melembutkan teguran.

Meskipun demikian, cara ini tidak berarti Anda tidak serius, tetapi ini adalah cara untuk melepaskan ketegangan.

  1. Bagikan pengalaman pribadi.

Memperlihatkan bagaimana seksisme telah berdampak negatif pada Anda atau perempuan yang dekat dengan Anda dapat membantu orang lain memahami pentingnya isu ini sambil menguatkan perempuan dalam organisasi atau lingkup kerja Anda.

Jika budaya di institusi Anda dipenuhi dengan bias dan seksisme, orang mungkin jarang memperhatikan komentar yang tidak pantas. Selain itu, perilaku yang Anda kira sudah Anda pengaruhi secara positif (atau benar-benar diperbaiki) dapat sia-sia.

Selain cara menghadapi humor seksis, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi