Lelang Amal di 2022 MACAN Gala untuk Pengembangan Program Pendidikan

| 22 Nov 2022 14:44
Lelang Amal di 2022 MACAN Gala untuk Pengembangan Program Pendidikan
Konferensi pers 2022 MACAN Gala (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Museum MACAN menggelar acara 2022 MACAN Gala di Four Season Hotel, Jakarta, pada Senin (21/11/2022). Acara ini diisi dengan sebuah lelang amal yang hasilnya akan digunakan untuk pengembangan program pendidikan komunitas Museum MACAN.

Pada lelang amal ini terdapat dua karya seni yang disumbangkan oleh beberapa perupa ternama di Indonesia, seperti Agus Suwage, Eko Nugroho, Nadiah Bamadhaj, Syagini Ratna Wulan, dan Uji Hahan Handoko. Dua barang yang disumbangkan adalah sebuah perhiasan Chopard dan sebotol red wine dari Prancis.

"Lelang amal akan dilakukan malam ini. Dengan melibatkan karya seni yang disumbangkan oleh beberapa perupa ternama Indonesia dan perwakilannya, sebuah emas Chopard dan satu botol wine dari Prancis," ujar Direktur Museum MACAN, Aaron Seeto saat konferensi pers acara 2022 MACAN Gala.

Hasil dari lelang amal ini akan diberikan untuk pengembangan program pendidikan anak komunitas museum, melalui tur secara rutin, tur bersama kreator museum, lokakarya seni, hingga penayangan film. Museum MACAN sendiri sudah bekerja sama dengan ratusan sekolah dan ribuan guru di Indonesia untuk mengembangkan pendidikan, terkhususnya dalam bidang seni.

"560 sekolah dari sisi pendidikan, lebih 2.200 guru yang tersebar di 23 provinsi di Indonesia. Semua ini terwujud dalam program pendidikan di museum baik secara daring dan langsung," tutur Ketua Yayasan Museum MACAN, Fenessa Adikoesoemo.

Fenessa menjelaskan bahwa museum sudah bekerja sama dengan para guru untuk mengembangkan materi pendidikan agar lebih berkualitas. Sekolah juga diberikan kesempatan untuk membawa para siswa menjelajah seni di museum MACAN.

"Museum MACAN juga bekerja sama dengan para guru untuk mengembangkan materi pendidikan berkualitas yang dapat diintegrasikan dengan kurikulum pendidikan di Indonesia. Memberikan juga kesempatan untuk sekolah menjelajah pameran yang sedang berlangsung di museum," pungkas Fenessa.

Rekomendasi