Sudah Tahu? Inilah Kelebihan Kain Serat Bambu Dibandingkan Jenis Kain Lain

| 27 Nov 2022 09:00
Sudah Tahu? Inilah Kelebihan Kain Serat Bambu Dibandingkan Jenis Kain Lain
Ilustrasi Kain Serat Bambu (Foto: Pixabay)

ERA.id - Kain serat bambu adalah salah satu bahan kaos yang kualitasnya tidak perlu Anda ragukan. Keuntungan dari penggunaan kain ini yaitu kainnya yang lembut, sejuk, sangat nyaman digunakan, dan anti bakteri. Dengan menggunakan kain serat bambu sebagai bahan kaos Anda merupakan pilihan yang sangat tepat.

Kain Serat Bambu Digunakan Banyak Orang

Ilustrasi Bambu (Foto: Country and Town House)

Karena kualitasnya, saat ini, kain serat bambu sudah mulai banyak dipilih dan digunakan oleh orang-orang. Kain serat bambu dibuat dengan memanfaatkan dua campuran bahan alami, yaitu campuran serat Cotton dan serat Bamboo. Sebanyak 70% serat bamboo dan 30% serat cotton ada dalam  kandungan kain Cotton Bamboo yang tersedia di toko kain di kota Anda.

Kain serat bambu dibuat dengan ketebalan 30s, dengan kata lain, kain ini cukup tipis yang memiliki gramasi sebesar 160 gsm. Kain ini disusun dengan lebar atau setting 42”, serupa kain dengan jenis rajutan single knit lainnya. Disusun dari serat alami, kain ini pun popular dengan berbagai kelebihan pada kainnya yang bisa jadi tidak dimiliki oleh jenis kain lainnya.

Lantas, apa saja kelebihan kain serat bambu? Berikut penjelasannya:

Mempunyai Daya Serap Tinggi dan Melenyapkan Bau

Sebenarnya jika dibandingkan dengan cotton combed, yang menjadi saingan utama serat bambu, tingkat daya serap keduanya hampir sama. Lantas, apa yang menjadikan kain serat bambu memiliki daya serap tinggi? Tidak lain karena jenis kain ini didukung dengan pori-pori yang kecil, sehingga dapat menyerap bahan-bahan kimia yang menjadikan kaos bau.

Mempunyai Serat yang Lebih Lembut

Dibandingkan cotton combed, kain serat bambu memiliki serat yang lebih halus. Inilah yang menjadikan kaos dengan bahan ini memiliki tekstur yang halus dan lembut jika dipegang dan digunakan.

Anti Bakteri dan Nyaman Digunakan

Jika Anda tahu dengan kandungan zat dari bambu yang bernama “Penny Quinone”, zat yang menjadikan bambu anti bakteri dan anti serangga ini, maka inilah yang menjadi kelebihan utama dari bahan kaos ini. Karena kandungan yang ada di dalam zat ini, kaos yang berbahan serat bambu akan mempunyai tingkat keawetan yang lama. Selain itu,  tentu saja nyaman digunakan di tubuh.

Melindungi Tubuh dari Cuaca Panas dan Dingin

Bahan kaos ini mempunyai tingkat perlindungan yang baik dari cuaca panas dan dingin. Dengan demikian, saat cuaca panas, kaos dengan bahan ini akan berguna sebagai pendingin badan. Sebaliknya, saat cuaca dingin, kaos akan berfungsi sebagai penghangat badan.

Ramah Lingkungan

Karena bahan terbuat dari tumbuhan alami dan berasal dari alam, tentunya bahan ini ramah lingkungan. Sebab, bahan ini mudah terurai alias degradable. Dengan demikian, tidak akan berbahaya untuk lingkungan.

Memiliki Warna yang Lebih Awet

Seiring berjalannya waktu dan pemakaian serta pencucian, semua warna kain pada umumnya akan pudar. Namun, jika dibandingkan dengan cotton combed, cotton bamboo mempunyai warna kain yang lebih awet.

Demikianlah penjelasan tentang kelebihan kain serat bambu yang bisa Anda dapatkan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : Kain bambu
Rekomendasi