Pesan Penting Iriana Jokowi ke Erina yang Siang Nanti Sah Menjadi Istri Kaesang

| 10 Dec 2022 08:29
Pesan Penting Iriana Jokowi ke Erina yang Siang Nanti Sah Menjadi Istri Kaesang
Iriana Jokowi saat bertemu ibu Erina Gudono, Jumat (9/12/2022) dalam prosesi midodareni, di Mlati, Sleman. (Dok. Panitia Pernikahan Kesang Erina)

ERA.id - Sedikit lagi, Erina Gudono akan sah menjadi istri Kaesang Pangarep. Kemarin, Jumat (9/12/2022), di rumahnya di Mlati, Sleman, DIY, Erina menjalani prosesi midodareni dan menerima lamaran dari keluarga Kaesang yang dipimpin sang ayah, Presiden Joko Widodo.

Erina bersyukur seluruh tahapan pernikahannya berjalan lancar. Hari ini, Sabtu (10/12/2022), ia akan menjalani akad nikah dan Minggunya (11/12/2022) akan ada ngunduh mantu di Solo.

“Sebelumnya terimakasih pada seluruh keluarga besar, keluarga besar saya maupun keluarga besar Mas Kaesang, sudah hadir di acara midodareni. Alhamdulillah, kami hanya bisa mengucapkan syukur pada Allah SWT, semua rangkaian prosesi dari kemarin sampai hari ini alhamdulillah lancar,” tuturnya kepada wartawan usai midodareni.

“Insyaallah besok kami akan melangsungkan akad nikah di Royal Ambarrukmo setelah zuhur. Kami hanya bisa berdoa semoga besok lancar juga seperti rangkaian acara sebelumnya,” imbuhnya.

Menurutnya, di tengah acara midodareni, ia sempat berbincang dengan keluarga Kaesang, terutama ibu dan saudara perempuan. Iriana, ibu Kaesang, juga memberi wejangan.

Tadi bertemu Ibu Iriana, bertemu Mbak Selvi, Mbak Ayang juga, mungkin lebih ke menyapa, kemudian tanya kabar. Banyak bercanda aja seperti biasa. Mereka memberi nasihat disuruh istirahat, tenang, supaya besok hatinya tenang melangsungkan akad nikah,” paparnya.

Erina juga menjelaskan tentang tradisi seserahan yang telah dilalui. Namun ia tak merinci barang apa saja yang diberikan Kaesang. “Kalau seserahan sih semua barang-barang yang seperti pada umumnya saya kenakan sehari-hari,” ujarnya.

Ia hanya menyatakan memberikan kain batik untuk kedua kakaknya yang belum menikah. Tradisi ini dikenal sebagai pemberian pelangkah dalam adat Jawa.

“Untuk kakak saya, kita seperti adat Jawa juga, kita memberi kain batik, yang diagem juga untuk kakak saya putra dan putri, kain juga, bawahan,” ucapnya.

Erina juga masih menyimpan misteri untuk penampilannya esok saat akad nikah. “Mungkin lihat besok ya. Belum (ada bocoran). Tapi yang jelas adat Jawa pastinya,” kata dia.

Soal bulan madu, Erina juga belum mau buka suara. Yang jelas, ia bakal mengikuti sang suami. ”Belum tahu, ngikut Mas Kaesang,” katanya.

Rekomendasi