Segini Mahar dan Perhiasan Emas dari Kaesang untuk Menikahi Erina Gudono

| 10 Dec 2022 13:58
Segini Mahar dan Perhiasan Emas dari Kaesang untuk Menikahi Erina Gudono
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Foto: YouTube/Presiden Joko Widodo)

ERA.id - Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep akhirnya sah menjadi suami Erina Gudono. Keduanya melangsungkan akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo pada Sabtu (10/12/2022) pukul 12.00 WIB.

Selama prosesi akad nikah, pria yang mengenakan beskap putih ini wajahnya terlihat sangat tegang. Meski begitu, ia berhasil dan lancar ketika mengucapkan ijab kabul.

Dalam ijab qabul, kakak Erina Gudono, Allen Gudono menjadi wali nikah pernikahan sang adik. Lalu, ia membacakan ijab kabul beserta mahar yang diberikan Kaesang.

"Bismillah hirohmannirohim. Ananda Kaesang Pangarep, putra bapak Haji Joko Widodo. Saya nikahkan Ananda dengan Erina Sofia Gudono, putri Bapak Haji Muhammad Gudono nikah untuk Ananda sendiri," kata Allen, dikutip dari kanal YouTube Presiden Joko Widodo.

Mahar tersebut antara lain uang senilai Rp 300 ribu dan puluhan gram emas. Selain itu, Kaesang juga memberikan mahar berupa kepingan logam emas, yakni 10 gram, 12 gram, 20 gram, dan 22 gram atau total 64 gram.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Foto: YouTube/Presiden Joko Widodo)
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Foto: YouTube/Presiden Joko Widodo)

"Dengan mas kawin berupa seperangkat alat salat, logam mulia 10, 12,20,22 gram dan uang tunai sebesar Rp300 rupiah, dibayar tunai," kata Allen.

"Saya terima nikahnya Erina Sofia Gudono binti Muhammad Haji Gudono dengan mas kawin tersebut dibayar tunai," tegas Kaesang Pangarep.

Lalu, ijab kabul Kaesang Pangarep dinyatakan sah oleh kedua saksi pihak Erina dan Kaesang, yaitu Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono.

"Sah," tuturnya.

Mendengar hal itu, Kaesang yang tadinya tegang menjadi sumringah usai dinyatakan sah.

"Alhamdulillah," ungkap Kaesang Pangarep.

Usai prosesi akad nikah, Kaesang dan Erina kemudian akan melakoni prosesi adat panggih di lokasi yang sama, di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo.

Rekomendasi