Apa Itu Fine Dining dan Apa Saja Menu yang Ditawarkan?

| 17 Dec 2022 18:15
Apa Itu Fine Dining dan Apa Saja Menu yang Ditawarkan?
ILustrasi fine dining (Unsplash)

ERA.id - Fine dining atau santapan mewah adalah pengalaman makan restoran yang biasanya unik dan memiliki harga lebih mahal daripada makan di restoran pada umumnya.

Terdapat beberapa karakteristik makan fine dining di restoran, secara tradisional mulai dari pengalaman bersantap paling mahal, pilihan menu a la carte atau prix fixe yang elegan, dan menyantap menu populer selama liburan atau acara-acara khusus

Dilansir dari toasttab.com fine dining memiliki beberapa aturan khusus tidak seperti di restoran biasa, adapun beberapa aturan di antaranya:

●        aturan layanan santapan sangat ketat

●        memiliki standar yang tinggi

●        Tempat makan mewah mempekerjakan staf yang dapat memberikan keanggunan, pengalaman, dan pengetahuan untuk pengalaman bersantap

Tata Cara Fine Dining

Terdapat beberapa aturan penyajjian fine dining (Unsplash)

  1. Pembuka

●        Biasanya sendok garpu yang terbuat dari perak diatur dari luar ke dalam dan dimulai dengan hidangan pertama.

●        Kemudian taplak meja bersih dan ditempatkan secara merata.

●        Peralatan makan, piring, dan serbet apa pun disingkirkan untuk kursi kosong.

●        Saat tamu datang, pelayan akan menyapa dengan hangat dan resmi, seperti: “Selamat malam, Pak,” dan tidak akan bertanya seperti: “Bagaimana kabarmu malam ini?”

  1. Aturan Penyajian Makanan

●        Untuk menghindari meninggalkan bekas sidik jari, gelas dan peralatan perak akan dipegang di bagian alas.

●        Server tidak pernah menjangkau tamu di seberang meja. Praktik terbaik adalah mengambil piring dari titik terdekat.

●        Server menyingkirkan piring dan perak bekas di akhir setiap makan.

  1. Aturan Setelah makan

●        Server hanya membersihkan piring ketika semua orang di pesta selesai.

●        Saat membersihkan meja, server akan menumpuk piring satu per satu dari meja untuk menghindari kebisingan.

●        Jika makanannya bukan prix fixe, server akan mengeluarkan menu pencuci mulut dan minuman sebelum menawarkan cek.

Pilihan Menu Fine Dining

Hidangan fine dining (Unsplash)
  1. Prix Fixe

Menu prix fixe adalah menu yang ditetapkan dengan satu atau opsi terbatas dalam hidangan multi-kursus. Beberapa restoran akan memiliki satu pilihan untuk setiap kursus, sementara yang lain mungkin memiliki beberapa opsi untuk dipilih dan dipilih pelanggan.

  1. A la carte

Menu a la carte di restoran mewah memungkinkan para tamu membuat piring hidangan utama mereka dari menu yang beragam. Misalnya, makanan pembuka steak tidak termasuk pesanan sampingan  dan menu restoran akan memiliki daftar pendamping dan makanan pembuka yang variatif seperti kentang tumbuk dan asparagus.

  1. Menu Hidangan Tradisional

Beberapa restoran fine dining tetap menggunakan model pemesanan yang lebih umum, di mana makanan pembuka termasuk pesanan sampingan dicocokkan dengan bagian utama makanan.

Misalnya, filet mungkin dipasangkan dengan kentang panggang dan salad sebagai pendamping, sedangkan menu lainnya mungkin dilengkapi dengan kentang goreng dan sayuran musiman.

Cara Berpakaian Fine Dining

Ketika Anda akan fine dining dan memilih pakaian yang tepat, hal tersebut bergantung pada restoran mewah tersebut. Mungkin pada beberapa restorakan akan ada aturan berpakaian yang diwajibkan untuk tamu.

Biasanya, aturan berpakaian akan ditentukan restoran dan tidak jarang restoran menolak tamu jika mereka tidak mengenakan pakaian yang pantas. Selain itu, tamu di restoran fine dining juga diharapkan menjunjung tingkat kesopanan.

Selain apa itu fine dining, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi