Ternyata Tidak Sama, Ini Perbedaan Promo dan Diskon yang Harus Anda Ketahui

| 20 Dec 2022 22:09
Ternyata Tidak Sama, Ini Perbedaan Promo dan Diskon yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi perbedaan promo dan diskon. (Foto: Dok. Antara/Shutterstock)

ERA.id - Kebanyakan pelaku usaha berupaya meningkatkan layanan dengan memberikan diskon dan promosi yang spektakuler. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian konsumen agar tertarik dengan produknya dan memutuskan untuk membeli. Dari sisi lain, dua hal tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan persaingan para pelaku usaha dalam dunia perbisnisan.

Apa Perbedaan Promo dan Diskon?

Kedua istilah ini tentunya sudah sangat akrab di telinga ketika Anda belanja online ataupun offline. Kedua hal tersebut sama-sama identik dengan potongan harga dari sebuah barang belanjaan. lantas, apa perbedaan promo dan diskon?

Agar Anda tidak keliru membedakan keduanya, sebaiknya simak perbedaan promo dan diskon di bawah ini.

Promo

Ada beberapa pengertian tentang promo atau promosi. Penulis buku Strategi Pemasaran, Fandy Tjiptono menyatakan bahwa promosi adalah bentuk komunikasi pemasaran yang dijalankan dengan tujuan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk, atau bahkan meningkatkan target pasar. Tujuannya adalah agar masyarakat dapat menerima, membeli, dan juga bersikap loyal mengenai produk yang perusahaan tawarkan.

Ilustrasi (Victoria_Watercolor / Pixabay)

Sedangkan ahli lain yang bernama Indriyo Gitosudarmo mengungkapkan, promosi menjadi kegiatan yang dilakukan untuk mempengaruhi calon konsumen. Tujuannya adalah supaya mereka dapat mengetahui produk yang ditawarkan oleh perusahaan dan menjadi tertarik untuk memiliki produk tersebut.

Berbeda dengan Indriyo, Harper Boyd menyebutkan promosi merupakan upaya yang dijalankan dalam dunia usaha. Hal ini dijalani bertujuan untuk membujuk ataupun mempengaruhi konsumen agar bersedia menerima produk, konsep ataupun gagasan.

Dengan demikian diartikan, promo atau promosi memiliki arti sebagai sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menarik konsumen agar tertarik untuk membeli produk perusahaannya.

Harga promo adalah harga yang ditentukan atas produk ataupun jasa dengan harapan bisa meningkatkan penjualan. Pada umumnya, harga promo sendiri diberikan dengan lebih murah dari harga normal biasanya.

Tujuan dari promo adalah untuk menarik minat konsumen atas barang atau jasa yang perusahaan tawarkan. Barang promo kerapkali menjadi barang yang masih baru, tetapi belum terlalu populer di kalangan masyarakat.

Barang promo juga umumnya dilengkapi secara khusus oleh petugas promosi yang memang sudah memiliki skill untuk meyakinkan konsumen. Jadi, mereka benar-benar memiliki ketertarikan dan beralih sebagai pembeli atau pelanggan.

Adapun jenis-jenis promo yang biasanya diberikan antara lain; promo buy 1 get 1, kode promo, flash sale, paket bundling, dan promo cashback.

Diskon

Promo juga memiliki kaitan erat dengan diskon. Jika mengacu pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), diskon memiliki arti potongan harga. Namun, Tjiptono memberikan definisi diskon sebagai bentuk potongan atau penurunan harga yang ditetapkan oleh pihak penjual untuk pihak pembeli. Hal ini diterapkan sebagai bentuk penghargaan, sebab sudah menjalankan aktivitas menyenangkan dari pembeli pada pihak penjual.

Adapun Suhardi Sigit menyebutkan, diskon adalah pengurangan harga yang telah ditetapkan dengan alasan calon konsumen mampu memenuhi syarat penjual yang sebelumnya sudah ditetapkan.

Seringkali diskon diberikan atas produk lama yang bertujuan untuk menghabiskan stok yang masih tersisa, menjual produk yang kurang laku, dan juga meningkatkan penjualan.

Pemberian diskon seperti pemotongan harga sendiri keuntungannya bisa dinikmati secara langsung oleh para konsumen. Sedangkan faktor yang membuat produk didiskon adalah expired atau cuci Gudang. Diskon juga seringkali diberikan bagi setiap pelanggan, tanpa memberikan syarat atas kepemilikan kartu kredit atau e-wallet tertentu.

Jenis-jenis diskon yaitu, diskon pengurangan harga, diskon persentase, diskon kuantitas, diskon musiman, gratis ongkir, gratis hadiah, dan diskon untuk produk khusus.

Dengan demikian dapat disimpulkan, jika diskon adalah sebuah potongan harga dari penjual atas barang-barang yang statusnya kurang laku di pasaran atau atas barang yang masih tersisa. 

Secara singkat, perbedaan promo dan diskon terletak pada soal tujuan dan penentuan harga barang. Di mana diskon merupakan potongan yang ditetapkan untuk pelanggan dan bertujuan untuk menghabiskan stok yang tersisa.

Sedangkan promo merupakan penurunan harga lewat penginformasian atau promosi terkait barang tertentu untuk menarik perhatian dan minat pembeli terhadap barang baru atau barang yang belum terlalu dikenal.

Diskon ataupun promo memang kerap dijumpai bertebaran di berbagai pusat perbelanjaan, entah itu toko online maupun offline.

Nah, itulah perbedaan antara diskon dan promo yang sering kita lihat di setiap pusat belanjaan atau pada produk-produk yang kita beli. Semoga penjelasan ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : diskon bisnis
Rekomendasi