Jenis Biji Kopi dan Perbedaan antara Robusta-Arabica

| 31 Dec 2022 11:30
Jenis Biji Kopi dan Perbedaan antara Robusta-Arabica
Jenis biji kopi (Freepik)

ERA.idKopi merupakan minuman yang populer di seluruh dunia, dan banyak orang menikmatinya sebagai bagian dari budaya mereka. Bagi Anda pecinta kopi, ternyata terdapat jenis-jenis biji kopi yang bisa menentukan rasa lo. Penasaran?

Dilansir dari laman resmi Nescafe ada lebih dari 120 varietas tanaman kopi dan masing-masing menghasilkan jenis biji kopi yang berbeda, namun sebagian besar kopi yang kita konsumsi berasal dari hanya dua varian, Robusta (juga dikenal sebagai Coffea Robusta atau Coffea Canephora) atau Arabika (Coffea Arabica) atau campuran keduanya.

Mengenal 2 Jenis Biji Kopi

  1. Biji Kopi Arabika

Biji kopi Arabika adalah salah satu jenis yang paling populer dan diyakini sebagai salah satu spesies kopi pertama yang pernah tumbuh dengan akar yang berasal dari 1.000 SM. Biji kopi Arabika umumnya berbentuk oval, memiliki lipatan tengah yang jelas dan lebih besar dari biji kopi Robusta.

Dikenal karena rasanya yang cerah dan kompleks, biji kopi ini disukai oleh para penikmat kopi karena cenderung memiliki rasa yang lebih manis, lebih lembut, dengan nada buah-buahan, bunga-bunga, coklat, dan kacang-kacangan, meskipun keasamannya lebih tinggi.

Umumnya, harga biji arabika lebih mahal daripada Robusta, dikarenakan membutuhkan persyaratan budidaya yang lebih spesifik, seperti cuaca dan ketinggian. Biasanya, biji kopi Arabika ditanam di ketinggian antara 500m dan 2500m dan memiliki kandungan kafein yang rendah. Amerika Latin, khususnya Brasil, saat ini merupakan produsen terbesar kopi Arabika.

  1. Biji Kopi Robusta

Umumnya ditanam di Afrika, Vietnam dan Indonesia, Robusta memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah daripada kopi Arabika, yang berarti umumnya rasanya jauh lebih tidak manis.

Karena tingkat keasamannya yang lebih sederhana dan senyawa rasa yang lebih dalam dan kuat, Robusta dapat menghasilkan nada kayu atau karet terbakar. Robusta adalah pilihan populer untuk espresso karena rasa yang kaya dan lapisan crema yang diberikannya.

Robusta ditanam di ketinggian tidak lebih dari 1.000 meter, dan menghasilkan buah jauh lebih cepat daripada Arabika yang membutuhkan beberapa tahun untuk mencapai kematangan.

Kopi arabika tidak terlalu rentan terhadap hama dan kondisi cuaca, dan inilah alasan utama mengapa rata-rata harganya lebih murah daripada Arabica. Salah satu aspek lain yang perlu diingat adalah bahwa biji kopi Robusta memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi.

Biji kopi dari spesies Robusta umumnya lebih kecil dan lebih melingkar daripada biji Arabika. Selain itu, kopi robusta memiliki warna lebih pucat dan lipatan tengahnya kurang jelas.

Apa Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika?

Setelah memahami pengertian dari kopi arabika dan robusta, mari kita pahami beberapa perbedaan utama keduanya, sebagai berikut:

  1. Asal

    Kopi arabica tumbuh di daerah yang lebih tinggi (Freepik)

Kopi arabika tumbuh di daerah pegunungan yang lebih tinggi dengan iklim yang lebih sejuk dan lembab, seperti Ethiopia, Kolombia, dan Brazil. Sedangkan Coffea canephora, atau kopi Robusta, tumbuh di daerah yang lebih panas dan lebih kering, seperti Vietnam, Indonesia, dan India.

  1. Rasa

    arabika memiliki rasa yang lebih manis (Freepik)

Kopi arabika memiliki rasa yang lebih lembut dan lebih sedap dibandingkan dengan kopi Robusta, yang memiliki rasa yang lebih kuat dan lebih pahit.

  1. Tingkat kafein

Kopi arabika memiliki tingkat kafein yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi Robusta.

  1. Struktur biji

Biji kopi arabika lebih kecil dan lebih lonjong dibandingkan dengan biji kopi Robusta, yang lebih besar dan lebih bulat.

  1. Harga

Kopi arabika biasanya lebih mahal dibandingkan dengan kopi Robusta, karena lebih sulit untuk ditanam dan dipanen.

Secara umum, kopi arabika dianggap lebih berkualitas dibandingkan dengan kopi Robusta, namun banyak orang yang menyukai rasa yang lebih kuat dan lebih pahit dari kopi Robusta. Baik kopi arabika maupun kopi Robusta dapat disajikan dengan cara yang beragam, tergantung pada selera masing-masing orang.

Selain jenis biji kopi, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi