Kucing Makan Berapa Kali Sehari? Berikut Tips Feeding Anabul Kesayangan

| 01 Jan 2023 07:15
Kucing Makan Berapa Kali Sehari? Berikut Tips Feeding Anabul Kesayangan
Kucing makan berapa kali sehari (Unsplash)

ERA.id - Banyak faktor yang dapat mempengaruhi berapa kali seorang kucing harus makan setiap hari, termasuk usia, ukuran, aktivitas, dan kondisi kesehatan mereka.

Lantas, kucing makan berapa kali sehari? Dan bagaimana takaran pas untuk memberi makan mereka?

Kucing sering kali menjadi raja atau ratu rumah tangga. Karena alasan ini, Anda mungkin tergoda untuk memberi makan kucing Anda kapanpun mereka ingin diberi makan, alih-alih mengikuti jadwal pemberian makan.

Namun, terlalu memanjakan kucing dengan banyak memberi makan tidak selalu sehat dan dapat dengan cepat menyebabkan kenaikan berat badan. Jadi, berapa kali sehari Anda harus memberi makan kucing?

Kucing Makan Berapa Kali Sehari?

Namun, secara umum, kucing dewasa biasanya perlu makan 2-3 kali sehari, sementara kucing muda (6 bulan hingga 1 tahun) biasanya perlu makan 3-4 kali sehari.

Untuk memastikan bahwa kucing Anda mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, Anda dapat mengikuti anjuran pemakanan yang tercantum pada kemasan makanan kucing yang Anda beli.

Biasanya, pembuat makanan kucing akan memberikan rekomendasi jumlah makanan yang sesuai dengan usia, ukuran, dan kondisi kesehatan kucing. Jika Anda memutuskan untuk memberikan makanan segar kepada kucing Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan untuk memastikan bahwa makanan tersebut memenuhi kebutuhan nutrisi kucing Anda.

Seberapa sering Anda harus memberi makan kucing?

Jika punya banyak kucing pisahkan tempat makan mereka (Unsplash)

Dilansir dari whiskas.co.uk, seberapa sering Anda harus memberi makan kucing Anda tergantung pada beberapa faktor; misalnya, berapa usia mereka. Kucing harus diberi makan sesuai dengan tahap kehidupannya, apakah itu anak kucing, dewasa, atau senior. Hal ini juga akan tergantung pada jadwal Anda dan kapan Anda akan berada di sekitar untuk memberi mereka makan.

Karena kucing memiliki perut yang kecil - kira-kira seukuran bola ping-pong - mereka paling cocok untuk makan sedikit dan sering. Kucing yang diberi makan dalam porsi besar dapat menjadi sakit setelah makan atau menambah berat badannya seiring waktu. Oleh karena itu, beberapa kali makan dalam porsi kecil dalam sehari akan cocok untuk kucing Anda, bukan satu kali makan dalam porsi besar. 

Jika Anda memutuskan untuk mengatur waktu makan, pastikan untuk tetap mengikuti waktu-waktu tersebut, karena kucing menyukai rutinitas. Jika Anda berada di luar rumah pada siang hari, memberi makan sekali di pagi hari dan sekali di malam hari sudah cukup, serta meninggalkan semangkuk makanan kering untuk dimakan kucing Anda sepanjang hari.

Meskipun beberapa pemilik kucing memilih untuk 'memberi makan gratis' pada kucing mereka dan meninggalkan makanan sepanjang hari untuk mereka makan, hal ini akan menyulitkan untuk memantau seberapa banyak kucing Anda makan dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Memilih takaran yang pas akan menyulitkan jika Anda memiliki lebih dari satu kucing, karena sulit untuk mengetahui siapa dan yang mereka makan apa. Untuk mengatasi hal ini, pertimbangkan untuk memberi makan kucing Anda secara terpisah sebagai bagian dari rutinitas pemberian makan Anda.

Ingatlah bahwa kucing harus selalu memiliki akses ke air yang segar dan bersih setiap saat, terutama jika Anda memberikan makanan kering kepada mereka. Air dapat membantu menjaga kucing Anda terhidrasi dan membantu mereka mengolah makanan dengan baik.

Selain pertanyaan kucing makan berapa kali sehari, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi