6 Tanda Kucing Peliharaan Lapar, Ngga Cuma Mengeong

| 08 Apr 2023 12:07
6 Tanda Kucing Peliharaan Lapar, Ngga Cuma Mengeong
Ilustrasi kucing lapar (Unsplash/Anastasiia Rozumna)

ERA.id - Kucing menjadi hewan yang paling banyak dipelihara karena tingkahnya yang lucu dan tampilannya dianggap menggemaskan. Sebagai cat lovers, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat merawat kucing. Salah satunya adalah memberi makan secara rutin. Pemilik anabul wajib tahu tanda kucing peliharaan lapar. 

Makanan kucing harus diberikan secara rutin agar tetap sehat dan tidak kurus. Apabila kucing sering kelaparan atau tidak pernah diberi makan maka daya tahan tubuhnya bisa menurun. Kondisi ini bisa membuat kucing rentan terkena penyakit. Namun masih banyak pemilik anabul baru yang belum tahu tanda kucing peliharaan lapar. 

Tanda  Kucing Peliharaan Lapar

Banyak orang menandai kucing lapar ketika hewan peliharaan ini mengeong. Padahal tanda kucing lapar tidak hanya mengeong. Berikut ini ciri-ciri kucing lapar yang wajib cat lovers tahu. 

Tubuh Tampak Lemas

Ilustrasi kucing lemas (unsplash/Krakenimages)

Salah satu tanda kucing lapar bisa mudah diketahui ketika kucing terlihat lemas atau lesu. Beberapa kucing memang punya sifat lebih pemalas daripada kucing lainnya. Namun kucing yang merasa sangat lapar akan menjadi lesu dan lemah. Jadi apabila kucing Anda yang biasanya aktif atau lincah berbuah menjadi pendiam dan lemas, itu berarti sedang lapar. 

Mencari-Cari Makanan

Tanda lainnya yang mudah terlihat saat kucing lapar adalah apabila anabul bertingkah mencari-cari makanan. Kucing peliharaan biasanya sudah bisa membedakan mana makanan untuknya dan makanan manusia. 

Namun ketika kucing sudah sangat lapar, maka mereka bisa naik ke atas meja untuk mencari makanan. Selain itu, kucing juga akan mengorek-korek tempat sampah untuk mendapatkan santapan. 

Nekat Memakan Apapun

Apabila kucing Anda tiba-tiba nekat memakan apapun maka itu menjadi pertanda sedang lapar. Kucing peliharaan sebenarnya tidak akan menelan sembarangan makanan dan sudah tahu apa makanannya. Namun saat kucing sudah merasa lapar, ia bisa menyantap apa saja yang bisa ditelan. 

Kucing merupakan jenis hewan karnivora yang bisa memangsa atau memakan hewan lain yang ukurannya lebih kecil, seperti cicak, serangga, hingga burung. Bahkan saat kucing sudah sangat lapar, mereka bisa menyantap benda-benda seperti plastik, tanah, kertas, hingga kotoran. 

Caper pada Pemiliknya

Tanda lainnya saat kucing lapar adalah mereka akan caper atau cari perhatian kepada pemiliknya. Kucing yang sudah mengenal dan kerap berinteraksi dengan pemiliknya bisa menunjukkan perilaku seolah-olah sedang lapar. Tingkah caper yang paling sering ditunjukkan kucing, yaitu mengeong berlebihan, menggigit, mencakar, dan mengambil barang.

Kucing Muntah

Kucing yang muntah juga bisa menjadi tanda bahwa dirinya lapar. Kucing kadang mengalami regurgitasi, yakni kondisi asam lambung naik ke mulut. Kondisi ini terjadi pada kucing setelah makan, dan makanannya tidak tercerna. Kucing akan merasa mual tanpa muntah yang dikeluarkan. 

Meski demikian perbedaan kucing muntah karena lapar juga mudah dikenali. Kucing yang mengeluarkan muntahan bersifat asam, cair, tengik, hingga bercampur dengan empedu bisa menunjukkan bahwa ia sedang lapar. Jika kucing Anda mengalaminya, segera beri minum atau makanan untuk mengisi lambungnya. 

Tubuh Kurus dan Perut Cekung

Tanda kucing lapar juga bisa dilihat dari tampilan fisik tubuhnya. Jika kucing Anda menjadi kurus dan perutnya mencekung, maka itu bisa menandakan ia sangat lapar dan sudah lama tidak melahap makanan. Kondisi ini akan membuat berat badan kucing menurun secara ekstrem serta bulunya tampak kusut dan kusam. 

Demikianlah tanda-tanda kucing peliharaan lapar. Apabila kucing di rumah Anda mengalami menunjukkan tanda-tanda di atas, maka segera beri makanan dan minuman agar kondisinya segera pulih dan tetap sehat. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi