Jenis-Jenis Artikel, Ciri, serta Tujuan Pembuatannya

| 29 Dec 2022 22:12
Jenis-Jenis Artikel, Ciri, serta Tujuan Pembuatannya
Ilustrasi (Pexels)

ERA.id - Tahukah Anda ternyata jenis jenis artikel di Indonesia ada delapan jenis dan setiap jenisnya memiliki ciri penulisan berbeda-beda. Tergantung dari tujuan pembuatan dari karya tulis tersebut.

Ada yang sifatnya hanya memberikan informasi, menggiring opini, atau persuasif untuk mengajak orang melakukan sesuatu. Artikel sendiri merupakan sebuah karya tulis dibuat secara lengkap, tujuannya untuk dipublikasikan di suatu media, misalnya majalah atau website.

Setiap jenisnya memiliki karakteristik tersendiri, misalnya artikel opini yang di dalamnya berisi opini si penulis tentang tema dalam tulisan tersebut. Oleh sebab itu, karya tulis ini dibagi atas berbagai jenis dengan ciri khas masing-masing.

Kali ini kami akan membahas mengenai ciri-ciri, tujuan, serta jenis-jenis dari karya tulis yang dikenal di masyarakat dengan sebutan artikel.

Ciri Tulisan Termasuk Jenis Jenis Artikel

Karya tulis ada banyak macamnya, misalnya puisi, cerita pendek, novel, novella, dan lain sebagainya. Artikel merupakan salah satunya dan memiliki ciri-ciri khusus, yaitu sebagai berikut:

1. Tulisannya singkat, pada, jelas, dan pembahasannya lengkap serta tuntas.

2. Bersumber dari fakta dan dapat dibuktikan kebenarannya.

3. Memiliki narasumber atau sumber informasi sehingga penulisan disampaikan sesuai fakta bukan rekayasa.

4. Isi bisa berupa paparan mengenai biografi tokoh, kisah perjalanan, argumentasi, peristiwa, opini berdasarkan fakta, dan berbagai fakta lainnya.

5. Topik dan gagasan utamanya menyesuaikan dengan kebutuhan pembaca atau masyarakat umum.

6. Penulisannya dipublikasikan di berbagai media, salah satunya platform online yang biasanya diisi oleh jasa penulis artikel.

Penulisan karya tulis ini biasanya dilakukan oleh penulis yang sudah memahami mengenai tata cara penulisannya. Karena penulisannya tidak boleh sembarangan, selain harus memaparkan fakta juga harus mengikuti aturan berlaku.

Tujuan Pembuatan Jenis Jenis Artikel

Pada dasarnya, karya tulis yang berisi fakta dan disampaikan dalam bahasa lugas ini memiliki karakter penulisan berupa penyampaian informasi ke khalayak luas. Oleh sebab itu, kebanyakan orang membacanya untuk mendapatkan informasi mengenai sesuatu hal.

Namun, pada kenyataannya pemberian informasi merupakan tujuan umum sedangkan untuk tujuan khusus penulisan artikel opini maupun jenis lainnya adalah sebagai berikut:

1. Kreatif

Jika dibuat untuk tujuan kreatif, biasanya dilakukan sebagai penyaluran ide dan gagasan seseorang. Meskipun demikian, tetap didasari dengan fakta digabungkan dengan gagasan si penulis.

2. Eksistensi

Tujuan lainnya adalah menjadi wadah eksistensi atau penegasan diri penulis terhadap pembaca. Penulis di sini akan memaparkan fakta dan opini terhadap sebuah gagasan dari sudut pandang si penulis itu sendiri.

3. Pemecahan Masalah

Tujuan dari jasa penulis artikel membuat karya tulis salah satunya untuk membantu pembaca mendapatkan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Misalnya sebuah tulisan tentang obat herbal untuk sakit gigi, menjadi solusi pembaca yang sedang sakit gigi.

4.Penugasan

Sebagai contoh dibuat oleh siswa yang diberikan tugas membuat sebuah karta tulis oleh gurunya.

5.Entertainment

Adapula jenis jenis artikel yang dibuat untuk menghibur pembacanya, misalnya berisi informasi mengenai selebritis, idol, maupun berkaitan dengan dunia hiburan.

6.Informatif

Yakni sebuah karya tulis yang dibuat untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang suatu hal. Misalnya informasi mengenai sebuah tempat atau benda.

Jenis Jenis Artikel Sesuai dengan Tujuan Pembuatannya

Bagi orang awam semua artikel terlihat sama saja, padahal dari segi tujuan dan karakteristiknya, terdapat 8 jenis yang berbeda satu dengan lainnya. Beriku adalah 8 jenis tersebut:

1.Narasi

Merupakan karya tulis yang menceritakan tentang rangkaian peristiwa dengan sistematis. Jadi, penulisannya runut, mulai dari awal ke tengah hingga akhir. Unsur penting di dalamnya yaitu tokoh, konflik dari tokoh tersebut, dan penyelesaian konflik.

Sebagai contoh adalah autobiografi, biografi, dan kisah pengalaman hidup. Semua didasari oleh fakta dialami oleh tokoh nyata.

2.Deskripsi

Jenis jenis artikel berikutnya adalah deskripsi, yaitu memaparkan atau menggambarkan suatu hal kepada pembaca. Dengan demikian pembaca seolah-olah bisa merasakan, melihat isi dari deskripsi tersebut.

3.Eksposisi

Berisi penjelasan atau pemberian informasi tentang sebuat topik dengan tujuan menambah wawasan si pembaca. Umumnya ditambahkan dengan informasi pendukung seperti gambar, grafik, maupun informasi lainnya.

4. Argumentasi

Dibuat untuk membuktikan kebenaran mengenai sebuah pendapat, ditambah dengan alasan dan fakta relevan. Terdapat unsur opini di dalamnya dan didasari oleh fakta logis serta objektif.

5. Persuasi

Jenis jenis artikel persuasi Yaitu sebuah karangan dengan tujuan untuk mengajak dan membujuk pembaca agar melakukan sesuatu. Agar tujuan penulisan tercapai, di dalamnya dituliskan alasan-alasan logis agar pembaca tergiring untuk melakukan hal tersebut.

6. Ilmiah Populer

Banyak jasa penulis artikel menawarkan penulisan karangan jenis ini karena memang penulisannya menggunakan bahasa media atau jurnalistik. Biasanya dimuat pada berbagai media cetak maupun platform digital.

Panjang karangan ini berkisar 600 hingga 700 kata, karakter penulisannya lugas, logis, efektif, efisien, dan objektif. Tentu saja, penulisannya didasarkan pada fakta dan data yang dituangkan dalam kalimat yang mudah dimengerti pembaca.

7. Opini

Artikel opini merupakan karangan yang sifatnya subjektif tergantung dari pandangan si penulis. Misalnya mengenai sebuah topik, persoalan, maupun peristiwa. Kunci pentingnya terletak pada kebenaran fakta yang disajikan sebagai bagian karangan.

8. Ulasan

Yaitu karya tulis yang dibuat berdasarkan pandangan subjektif penulis, biasanya ringkasan penilaian atau evaluasi dari karya tulis lain yang sudah dibaca atau setelah mencoba sesuatu. Misalnya, pembuatan ulasan atau review sebuah produk, novel atau buku, dan lain sebagainya. Untuk panjang katanya berkisar antara 300 hingga 500 kata saja dengan informasi dipadatkan.

Kesimpulannya, artikel merupakan sebuah karya tulis yang memaparkan fakta, dan pemaparannya berdasarkan bukti nyata. Karya tulis ini dibuat dengan tujuan tertentu sehingga menciptakan berbagai jenis jenis artikel berdasarkan tujuan tersebut.

Rekomendasi