Jenis Serangga yang Bisa Dipelihara, Simak Jenis-jenisnya di Sini

| 15 Jul 2023 16:15
Jenis Serangga yang Bisa Dipelihara, Simak Jenis-jenisnya di Sini
Ilustrasi jenis serangga yang bisa dipelihara (Pixabay)

ERA.id - Kebanyakan orang lebih memilih hewan-hewan seperti anjing, kucing, atau burung menjadi hewan peliharaan. Namun, Apakah Anda tahu? Ada beberapa jenis serangga yang dapat dijadikan peliharaan. Walaupun terlihat kecil dan kerapkali dianggap menjijikkan, serangga mempunyai keindahan dan keunikan yang bisa diapresiasi. Ada beberapa jenis serangga yang dapat dipelihara dengan mudah dan dapat dijadikan objek yang menarik untuk diobservasi. Di bawah ini adalah jenis serangga yang bisa dipelihara dengan ciri-ciri dan keunikan yang khas.

Belalang Daun

Belalang daun (Phyllium sp.) adalah serangga yang bentuknya mirip daun dengan sayap yang sangat mirip daun. Ciri-ciri lainnya yaitu ukuran tubuh yang kecil, umumnya 5 cm hingga 10 cm, dan warna tubuh yang hijau. Belalang daun pada umumnya memakan daun-daunan dan dapat dijadikan peliharaan karena memiliki ukuran yang kecil dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

Kupu-Kupu

Kupu-kupu (Lepidoptera) juga termasuk sebagai serangga yang dapat dipelihara. Memiliki ciri-ciri tubuh yang berwarna-warni, halus, dan berbulu. Mereka juga mempunyai sayap berukuran besar yang mereka manfaatkan untuk terbang dan berpindah dari satu bunga ke bunga lainnya. Kupu-kupu juga merupakan serangga yang populer sebagai hewan peliharaan karena keindahan warna tubuh dan keunikan sayapnya. Makanan mereka berupa nektar dari bunga dan dapat dipelihara di dalam kandang maupun lingkungan yang terkontrol.

Kepik

Ilustrasi kepik (Pixabay)

Kepik (Coccinellidae) atau yang dikenal juga sebagai ladybug atau bubuk merah memiliki ciri-ciri tubuh bundar, berwarna merah dengan bintik-bintik hitam. Kepik termasuk serangga yang ramah lingkungan sebab memakan kutu daun dan kutu putih yang ada pada tanaman. Kepik dapat dijadikan peliharaan karena warnanya yang indah dan mudah untuk dipelihara.

Jangkrik

Jangkrik (Gryllidae) merupakan serangga kecil yang memiliki ukuran tubuh antara 1 hingga 3 cm. Ciri-ciri tubuh dari serangga ini yaitu berwarna coklat atau hijau dan memiliki sayap. Jangkrik juga merupakan peliharaan yang populer karena mengeluarkan suara yang unik dan mudah dipelihara. Mereka memakan daun, tumbuhan, dan serangga kecil lainnya.

Kumbang Badak

Kumbang badak (Oryctes rhinoceros) mempunyai ciri-ciri tubuh yang besar, keras, dan memiliki warna coklat tua atau hitam. Mereka pada umumnya mempunyai tanduk yang panjang pada kepala jantan, yang panjangnya dapat mencapai 10 sentimeter. Serangga jenis ini termasuk jenis serangga yang mudah dijinakkan dan Anda jadikan peliharaan. Adapun makanan kumbang badak yaitu bahan organik seperti kayu lapuk, dan dapat dijadikan pengurai dalam kompos maupun pupuk.

Demikianlah jenis-jenis serangga yang dapat dipelihara karena keunikannya masing-masing. Jenis serangga apa yang kira-kira Anda pilih untuk dipelihara?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi