Karier Bergengsi dan Jabatan Mentereng, Ini Pekerjaan Ibu Tiko Sebelum Jadi ODGJ di Rumah Mewah Terbengkalai

| 05 Jan 2023 10:25
Karier Bergengsi dan Jabatan Mentereng, Ini Pekerjaan Ibu Tiko Sebelum Jadi ODGJ di Rumah Mewah Terbengkalai
Ibu Eny (Foto: YouTube/Bang Brew TV)

ERA.id - Media sosial dihebohkan dengan kisah Ibu Eny Sukaesih dan anak semata wayangnya, Tiko. Sebelum orang dalam gangguan jiwa (ODGJ), rupanya ibu Tiko bukanlah orang sembarangan.

Seperti diketahui, media sosial dihebohkan dengan kisah Ibu Eny dan anak semata wayangnya, Tiko. Ibu Eny menjadi ODGJ semenjak ditinggal suaminya, Herman sekitar 12 tahun silam. Tiko dan ibunya tinggal di rumah mewah di kawasan Jakarta Timur yang terbengkalai selama 11 tahun.

Banyak netizen yang simpatik dengan Tiko. Sebab, Tiko mengurus ibunya yang mengalami gangguan jiwa di rumah mewah tanpa listrik dan air. Bahkan, Tiko dan ibu Eny sampai menadahi air hujan atau meminta air kepada tetangga untuk mandi dan masak.

Sebelum ayah dan ibunya bercerai, Tiko menyebut bahwa hidupnya masih terjamin dan enak. Ibu dan ayahnya masih sibuk bekerja dan biaya hidup Tiko masih tercukupi. Setelah bercerai, kehidupan Tiko dan ibunya mulai berubah.

Tiko (Foto: YouTube/Bang Brew TV)
Tiko (Foto: YouTube/Bang Brew TV)

"Terus terang kalau dibilang (dulu) hidup enak ya, walaupun samar-samar ingatannya karena masih kecil, tapi sebagian memori ingat," ujar Tiko, dikutip dari kanal YouTube Bang Brew TV pada Kamis (5/1/2023).

Tiko mengatakan bahwa kedua orang tuanya dulu sibuk bekerja. Saking sibuknya, orang tuanya jarang berada di rumah.

"Papa Mama memang sibuk kerja dulu kan, jarang (ada di rumah)," paparnya.

Rumah Tiko (Foto: YouTube/Bang Brew TV)
Rumah Tiko (Foto: YouTube/Bang Brew TV)

Tiko mengatakan bahwa ayah dan ibunya pernah bekerja sebagai rekanan Dapartemen Keuangan di salah satu perusahaan elit. Orang tuanya saat itu menjadi rekan kerja dalam satu divisi.

"Rekanan Departemen Keuangan, sebagai rekanan. Papa sama, jadi satu jabatan, satu kantor, satu divisi, satu rekan," katanya.

Saking sibuk bekerja, keluarganya sempat mempunyai supir pribadi dan asisten rumah tangga (ART) untuk mengurus rumah mewahnya.

"Dulu tahunya orang tua sibuk kerja, di rumah itu Tiko sama pembantu. Papa memang ada sopir dari kantor juga," ucap Tiko.

Pasca bercerai dari ayahnya, ibu Tiko langsung depresi dan bertingkah bak ODGJ. Saat bercerai dengan ibunya, ayah Tiko berusia 80 tahun.

Sampai sekarang ini, Tiko tak mengetahui keberadaan dan kondisi ayahnya. Setelah bercerai, ayah Tiko juga tak pernah memberikan nafkah atau membiayai hidup Tiko mau pun Ibu Eny.

Setelah kisahnya viral, kini ibu Eny dirawat di RS kawasan Duren Sawit. Selain itu, rumah mewahnya yang mengerikan telah berubah. Rumahnya telah lebih bersih dibandingkan sebelumnya. Rumah mewah Tiko dan Ibu Eny terlihat berbeda pasca dibersihkan oleh Tiko dan para rekannya.

Rekomendasi