Warranty adalah Hal Penting Ketika Membeli Produk, Apa Bedanya dengan Garansi?

| 10 Jan 2023 20:05
Warranty adalah Hal Penting Ketika Membeli Produk, Apa Bedanya dengan Garansi?
Warranty adalah (Unsplash)

ERA.id - Warranty adalah jaminan atau janji terkait kerusakan atau kecacatan atas proses produksi. Namun masih banyak konsumen yang tidak tahu dan sering salah membedakan warranty dan garansi.

Warranty diberikan oleh pabrik atau produsen suatu produk untuk memperbaiki atau mengganti produk tersebut jika terjadi kerusakan atau kegagalan pada produk tersebut dalam jangka waktu tertentu setelah produk tersebut dijual.

Jaminan berupa warranty biasanya diberikan secara gratis kepada pembeli produk tersebut, dan dapat berupa jaminan tertulis yang menjelaskan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, warranty biasanya hanya berlaku untuk kerusakan atau kegagalan yang disebabkan oleh kesalahan pembuatan atau materi yang digunakan dalam produk, dan tidak berlaku untuk kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian atau penggunaan yang tidak sesuai dengan petunjuk.

Perbedaan Warranty dan Garansi

Sementara itu, garansi adalah jaminan yang diberikan oleh pabrik atau produsen terhadap barang yang dijual kepada konsumen. Garansi biasanya diberikan untuk jangka waktu tertentu setelah pembelian dan mencakup kerusakan atau masalah yang muncul pada produk selama periode garansi.

Perbedaan Warranty dan Garansi (Unsplash)

Garansi dapat berupa garansi yang ditanggung oleh pabrik atau produsen (manufacturer's warranty) atau garansi yang ditanggung oleh toko atau penjual (seller's warranty).

Business Law Binus menjelaskan jika garansi merupakan bentuk pelayanan pasca-transaksi konsumen (post-cosumer transaction) yang diberikan untuk pemakaian barang yang digunakan secara berkelanjutan. Selain itu, garansi dapat dinyatakan secara tegas (express warranty) maupun secara tersirat (implied warranty)

Terdapat beberapa perbedaan utama antara garansi dan warranty, berikut beberapa di antaranya:

●        Warranty biasanya diberikan secara gratis, sementara garansi dapat diberikan dengan biaya tambahan.

●        Warranty biasanya lebih luas cakupannya daripada garansi. Misalnya, warranty dapat mencakup perbaikan atau penggantian produk jika terjadi masalah, sementara garansi hanya mencakup perbaikan saja.

Jadi, warranty dan garansi sangat mirip, namun ada beberapa perbedaan kecil di antara keduanya. Sebagai konsumen, penting untuk memahami perbedaan ini agar Anda tahu apa yang diharapkan dari jaminan yang diberikan oleh pabrik atau produsen.

Namun meskipun memiliki sejumlah perbedaan, antara warranty dan garansi sebenarnya juga memiliki persamaan. Adapun salah satu persamaan keduanya yang paling mencolok adalah masa berlaku.

Biasanya baik garansi atau warranty memiliki masa berlaku yang dihitung dalam waktu tertentu mulai dari bulanan hingga tahunan.

Semakin tinggi harga produk yang diberikan warranty atau garansi, maka masa garansi dan warranty yang berlaku juga akan semakin panjang.

Selain itu, perlu Anda pahami juga bahwa warranty dan garansi ini tidak terbatas hanya pada barang elektronik saja. Sebab, banyak produk dan jasa lainnya yang juga memberikan kedua jaminan tersebut.

Selain perbedaan warranty dan garansi, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi