Tambah Wawasan Si Kecil, Serunya Belajar Energi Terbarukan Lewat Edukasi Digital dan Praktik Langsung

| 26 Jan 2023 06:45
Tambah Wawasan Si Kecil, Serunya Belajar Energi Terbarukan Lewat Edukasi Digital dan Praktik Langsung
Edukasi anak tentang energi terbarukan (Pexel/ Yan Krukau)

ERA.id - Energi terbarukan merupakan sumber energi sudah yang tersedia oleh alam dan bisa dimanfaatkan secara terus-menerus. Seperti air, cahaya matahari, panas bumi, hingga biomassa. Pembelajaran mengenai energi terbarukan ini diperlukan sejak dini, demi menjaga kehidupan yang berkelanjutan di masa mendatang. 

Anak-anak sudah seharusnya mulai diajarkan untuk mengenal energi terbarukan agar mereka bisa menggunakan dan menjaganya dengan baik. Salah satu cara menarik untuk mengajak anak mengenal energi terbarukan adalah dengan edukasi secara digital, melalui interactive wall.

Interactive wall memungkinkan anak belajar tentang energi terbarukan dengan mudah, karena dilengkapi gambar yang memanjakan mata dan penjelasan. Interactive wall belajar energi terbarukan ini bisa dicoba di area bermain anak.

Edukasi anak tentang energi terbarukan lewat interactive digital (Era.ID/Yesica Sitinjak)

"Di Blue Bird KidZania ini ada edukasi energi terbarukan yang bisa langsung diimplementasikan anak, dengan fitur utama interactive wall. Nantinya anak bisa mencobanya karena sangat mudah dimengerti dan pastinya akan menambah wawasan anak tentang energi terbarukan," ujar Wakil Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono, saat konferensi pers Re-opening Bluebird Taxi Reservation Center KidZania di Pacific Place Mall Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Tak hanya edukasi digital, pengenalan dengan penerapan langsung kepada anak-anak akan energi terbarukan juga diperlukan. Penerapan langsung ini sangat menarik dilakukan, karena anak-anak akan memiliki pengalaman berbeda yang bisa diingat hingga dewasa nanti.

"Di masa depan akan berkurang ya. Energi terbarukan itu nantinya akan dibutuhkan di masa depan oleh generasi selanjutnya. Nantinya mobil-mobil (listrik di area bermain) yang akan ada di kehidupan nyata untuk anak-anak 10 tahun nanti," kata Presiden PT Aryan Indonesia (Kidzania Jakarta), Kerry Riza.

"Jadi dengan lebih dahulu mengetahui itu, mereka bisa terbiasa di masa depan. Edukasi dengan implementasi langsung itu juga fun, menyenangkan. Dengan pengalaman langsung itu akan lebih melekat," lanjut Kerry Riza.

Selain itu, dilansir dari Duckster ada beberapa cara menarik lainnya untuk mengenalkan dan mengajak anak mendukung energi terbarukan. Mulai dari mematikan listrik yang tidak diperlukan, mencabut pengisi daya (charger) yang tidak dipakai, hingga daur ulang sampah atau menanam pohon yang membuat mereka terbiasa untuk menjaga lingkungan demi energi terbarukan di masa depan.

Rekomendasi