Menilik Asal-usul Sheila on 7 yang Sukses Hanyutkan Penggemar dalam Konser Tunggal

| 30 Jan 2023 19:37
Menilik Asal-usul Sheila on 7 yang Sukses Hanyutkan Penggemar dalam Konser Tunggal
Duta dalam konser tunggal Sheila on 7 (antaranews)

ERA.id - Sheila on 7, band legendaris asal Yogyakarta, menggelar konser tunggal bertajuk pada Sabtu, 28 Januari 2023 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat. Konser bertajuk “Tunggu Aku di Jakarta” ini berhasil menjadi obat rindu bagi Sheila Gank, para penggemarnya, setelah cukup lama tidak muncul dalam konser tunggal.

Tak heran jika JIExpo dipenuhi oleh ribuan penggemar yang ingin bernostalgia ke masa-masa sekolah zaman dahulu. Dalam konser tunggal Sheila on 7 itu, Akhdiyat Duta Modjo (vokal), Eross Candra (gitar), dan Adam Muhammad Subarkah (bass) membawakan 22 lagu.

Membicarakan Sheila on 7, salah satu yang menarik untuk dibahas adalah sejarah terbentuknya band ini. Satu hal lagi yang membuat penasaran adalah asal-usul nama band tersebut.

Sejarah Sheila on 7

Dikutip Era dari laman resmi Sheila on 7, orang yang menjadi pelopor dari terbentuknya band ini adalah Adam dan Saktia Ari Seno. Ketika itu, mereka berdua tergabung dalam sebuah band bernama W.H.Y Gank, yaitu saat masih sekolah.

Formasi awal Sheila on 7 (laman resmi Sheila on 7)

Pada suatu saat, Adam dan Sakti mengajak Duta untuk ikut latihan dan memintanya menjadi vokalis. W.H.Y Gank bermain dalam acara peringatan kemerdekaan Indonesia di kompleks perumahan mereka. Setelah itu, W.H.Y Gank bertemu dengan Eross dan akhirnya menjadi gitaris mereka.

Adam, Sakti, Duta, dan Eros kemudian memutuskan untuk membentuk band baru. Pada saat itu, Eross membawa satu nama baru untuk menjadi penggebuk drum, yaitu Anton Widiastanto.

Lima orang ini kemudian berlatih bersama dan menamai band mereka Sheila Gank. Tanggal 6 Mei 1996 mereka tetapkan sebagai hari kelahiran band tersebut. Pada masa awal, kegiatan Sheila Gank adalah berlatih bersama di studio musik, meng-cover lagu milik band terkenal, dan mengikuti audisi untuk tampil di acara tertentu.

Mereka juga pernah tampil di acara pentas seni (pensi) dan festival band SMA se-Jawa Tengah dan Yogyakarta. Pada pertengahan 1998, lima pemuda asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini membuat kontrak dengan label Sony Music Entertaintment Indonesia. Salah satu hal baru yang terjadi seteleh mereka mendapatkan label adalah mengganti nama band menjadi Sheila on 7.

Asal-usul Nama Sheila on 7

Eross menyampaikan alasan dari penggunaan kata “Sheila” dalam Sheila on 7, berdasarkan perbincangan dengan Mira Lesmana di Instagram Miles Film. Dia mengisahkan, hal tersebut berawal dari pertemuan mereka dengan seorang teman sekolah bernama Sheila.

Sheila merupakan teman SMA Eross sekaligus teman SD Adam dan Duta. Sheila adalah orang yang memperkenalkan Eross kepada Sakti dan Adam. Sakti dan Adam adalah dua pemuda yang dikenal mahir bermain musik di lingkungan rumahnya saat itu.

"Sebelum ketemu Sakti ada anak di kelasku di SMA, anak ini namanya Sheila, terus dia tahu ada kenalan 'nih, pinter main musik namanya Sakti, ada juga namanya Adam'," kata Eross.

Sheila menjadi semacam jembatan yang menghubungkan para personel Sheila on 7. Ketika pertama kali bertemu, Eross dan Adam sama-sama menyebut nama Sheila.

"Sheila ini istilahnya mak comblang 'oh kalian suka main musik harusnya kalian ngeband bareng'," kata Eros.

Sementara, 'on 7' merupakan frasa yang menggambarkan tujuh nada, yaitu do, re, mi, fa, sol, la, dan si. Dengan demikian, Sheila on 7 bisa diartikan sebagai teman-teman Sheila yang memainkan tujuh nada (bermain musik).

Rekomendasi